Daerah

Sembilan Kegiatan, Ramaikan Usia UM Magelang ke 54

MAGELANG - Universitas Muhammadiyah (UM) Magelang, Jawa Tengah memasuki usia ke 54. Bertepatan dengan milad ini, kampus menyelenggarakan berbagai kegiatan. Untuk tema milad kali ini adalah "Merekat Kebersamaan yang Berkemajuan" dengan sembilan rangkaian kegiatan yang akan berlangsung hingga awal September 2018.

Kegiatan tersebut berupa kegiatan akademis dan non - akademis, yakni Festival Budaya Islam, Lomba Kreativitas Siswa, lomba Volly antar SMA/SM. Disamping itu juga sarasehan dan khotmil Quran, seminar nasional dengan keynote speaker Menristek Dikti, serta gowes bareng yang ditujukan untuk umum.

“Adapun sebagai puncak milad adalah upacara milad dan orasi ilmiah yang akan diadakan 1 September mendatang,” kata Ketua Panitia Milad ke-54, M. Tohirin, M.Ag.

Mengawali kegiatan milad ke-54 itu, UM Magelang mengadakan Bakti Sosial (Baksos) di Desa Candirejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. Jajaran pimpinan UM Magelang mulai rektor maupun wakil rektor serta ketua milad ke54 hadir dalam acara tersebut. Rangkaian kegiatan baksos terdiri dari pembagian paket sembako murah, pengobatan gratis, penyuluhan kesehatan, serta khitanan gratis.

“Paket sembako murah yang kami bagikan sebanyak 100 paket dengan harga senilai Rp 75 ribu dan kami jual seharga Rp 30 ribu dengan menggunakan kupon yang telah dibagikan sebelumnya,” jelas Ketua Panitia Baksos Setiyo Budi Santoso.

Adapun pada pengobatan gratis diikuti 100 orang yang memanfaatkan fasilitas tersebut. Mereka memeriksakan kesehatan, antara lain karena dilanda batuk, pilek, gatal serta pegal-pegal.

“Dalam pemeriksanaan kesehatan ini kami bekerjasama dengan Klinik Parama UM Magelang yang menyediakan tenaga medis dokter, perawat, farmasis, serta obat-obatan,” jelas Budi.

Saat baksos ini, warga juga mendapatkan penyuluhan kesehatan berkaitan dengan perilaku hidup bersih dan sehat yang disampaikan Ns. Sodiq Kamal, dengan peserta dari warga Panti Asuhan Darul Hikmah Sabrang Rowo, Kecamatan Borobudur. Adapun khitanan massal diikuti delapan anak.

Selain dikhitan gratis, mereka juga mendapatkan fasilitas berupa sarung, baju koko, peci, celana khitan, obat, pelayanan kontrol, serta uang saku sebesar Rp 100 ribu. Kegiatan bakti sosial tersebut, merupakan salah satu kegiatan CSR UM Magelang sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan sekitar.

Selain itu, Rektor UM Magelang yang hadir juga menyampaikan santunan kepada PAY berupa uang tunai senilai Rp 5 juta. Disamping itu, dari LAZIZMU UM Magelang juga menyampaikan bantuan senilai Rp 1,5 juta untuk SD Muhammadiyah Candirejo serta uang senilai Rp 1 juta untuk TK ABA Candirejo.

Apa Tanggapan Anda ?