Nasional

Akmil Pertahankan Tradisi Lokananta

MAGELANG - Akademi Militer (Akmil) Magelang, Jawa Tengah dari tahun ke tahun memiliki tradisi unik yang tetap dijaga. Upacara serah terima jabatan Penatarama Genderang Suling Canka Lokananta (GSCL) ini dihadiri para pejabat dan ditonton langsung warga sekitar. Bahkan, sertijab ini juga dihadiri langsung Gubernur Akademi Militer Mayor Jenderal TNI Eka Wiharsa, dan Wakil Gubernur Akademi Militer Brigjen TNI Wirana Prasetya Budi, S.E.

Komandan Resimen Korps Taruna (Danmenkorptar) Resimen Taruna (Mentar) Akademi Militer Sersan Mayor Satu Taruna (Sermatutar) Rovi Adya Prawira No. Ak. 2014.007, memimpin pelaksanaan upacara serah terima jabatan Penatarama GSCL. Penyerahan dari pejabat lama kepada pejabat baru, yaitu Sersan Mayor Satu Taruna (Sermatutar) Gurning No Ak. 214.170, Sermatutar Rudi Haryono 2014.166, Sermatutar Marina 2014.224, Sermatutar Alberta Injilia No. Ak. 2014.227 kepada pejabat baru, yaitu Sersan Mayor Dua Taruna (Sermadatar) Dina A. 2015.028, Sermadatar Nur Alam No Ak. 2015.155, Sermadatar Yuti Pane No.Ak. 2015.183, Sermadatar Bima Maose No. Ak. 2015.201, Sermadatar Maulidia No. Ak. 2015.103.

Upacara serah terima Penatarama Drumband kebanggaan taruna - taruni Akademi Militer tersebut dilaksanakan di Stadion Sapta Marga Akademi Militer. Tradisi ini merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan bagi Korps Taruna Taruni Akademi Militer, yang diwariskan dari senior pendahulu kepada taruna junior. Ini merupakan ciri khas dan kebanggaan taruna/taruni Akademi Militer.

Berangkat dari pemikiran itulah, maka Penatarama dan GSCL harus tetap dapat dijaga, dipelihara, dikembangkan dan ditingkatkan ke arah yang lebih baik lagi. Yaitu ditujukan kepada generasi penerus atau taruna junior secara turun temurun dengan tradisi yang harus dilewati.

Diharapkan, kepercayaan dan kehormatan yang diberikan kepada pejabat baru, hendaknya tidak disia-siakan. Tetap dilanjutkan dan dikembangkan semua kreatifitas yang telah dirintis dari para senior dengan sebaik-baiknya.

Sedangkan, kata Canka Lokananta berasal dari bahasa Sansekerta yang mengandung arti "Suara Merdu Dari Surga". Disamping itu, Penatarama dan GSCL merupakan sarana untuk menempa kemampuan dan kualitas diri. Sekaligus, menumbuhkembangkan sifat-sifat kedisiplinan dan soliditas yang tinggi.

Pada kesempatan serah terima Penatarama GSCL kali ini juga dimeriahkan oleh penampilan Tim Drumband/Marchingband SMK Kesdam IV/Diponegoro dan SMP Ahmad Yani Kartika XII-1 Magelang. Selain rangkaian kegiatan tradisi serah terima pejabat Penata Rama dan Genderang Suling Cangka Lokananta, juga dilaksankan serah terima Kelompok Komando Korp Taruna (Pokdokorptar).

Mulai dari Danmenkorptar pejabat lama Sersan Mayor Satu Taruna (Sermatutar) Rovi Adya Prawira No. Ak. 2014.007 kepada pejabat Danmenkorptar baru Sersan Mayor Dua Taruna (Sermadatar) Fajar Muhammad Al Faruk No. Ak. 2015.002 beserta staf dan jajarannya termasuk ketua Primer Koperasi Taruna.

Dalam kehidupan GSCL senantiasa diciptakan suasana pembinaan dan kepemimpinan secara sehat, dinamis dan konstruktif yang dilandasi oleh rasa saling asah, saling asih dan saling asuh. Itu tidak lain untuk menumbuhkembangkan soliditas agar GSCL tetap eksis dan lebih maju dari tahun sebelumnya.

Apa Tanggapan Anda ?