Daerah

Ramadhan, Pererat Rasa Kekeluargaan Guru dan Siswa

BOYOLALI - Secara rutin, SMKN 1 Wonosegoro, Boyolali, Jawa Tengah menggelar acara Buka Bersama antara siswa dan para guru. Acara rutin di setiap jurusan (program studi) SMKN 1 Wonosegoro ini sudah terjalin cukup lama. Buka Bersama hanyalah salah satu rangkaian acara yang diagendakan demi menyambut bulan suci Ramadhan.

Kegiatan dimulai dari pesantren kilat di sekolah yang bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai kerohanian kepada para siswa. Untuk agenda pembagian zakat fitrah, dilakukan langsung oleh anggota rohis dan siswa, yang mana zakat fitrah tersebut di kumpulkan dari seluruh siswa di SMKN 1 Wonosegoro.

Zakat tersebut dibagikan kepada lingkungan sekitar Kecamatan Wonosegoro. Melalui agenda tersebut diharapkan mampu menumbuhkan rasa kepedulian terhadap sesama di lingkungan sekitar.

"Rangkaian acara yang diagendakan, dimulai dari pembagian zakat sampai buka bersama. Ini bertujuan untuk meningkatkan kepedulian siswa terhadap lingkungan sekitar dan juga untuk meningkatkan hubungan keluarga antar guru dan murid,” kata Ketua Panitia Buka Bersama Harsono.

Kegiatan buka bersama tersebut dimulai dari para siswa jurusan TSM (Teknik Sepeda Motor). Rencananya, acara serupa juga akan berlanjut ke jurusan - jurusan lain. Kegiatan dibuka langsung salah satu guru pengampu jurusan TSM dan dilanjutkan tausyiah oleh Kiai Fatih. Diakhir acara tersebut, ada agenda tukar pendapat dan pembinaan terhadap para siswa.

Apa Tanggapan Anda ?