Daerah

Demi Karakter Kepedulian, Siswa Bagikan Takjil Selama 15 Hari

MAGELANG - Sekolah Menengah Pertama (SMP) Muhammadiyah 1 Alternatif (Mutual) Kota Magelang, Jawa Tengah menjalin sinergi dengan Ikatan Wali Murid (Ikwam). Mereka menggelar beberapa kegiatan positif untuk mengisi bulan suci Ramadhan kali ini. Dalam kegiatan itu, Ikwam SMP Mutual Kota Magelang mengadakan kegiatan bersama para peserta didik untuk mengadakan kegiatan berbagi takjil gratis menjelang buka puasa.

Tidak tanggung - tanggung, takjil gratis yang dibagikan berlangsung selama 15 hari di titik-titik keramaian di Magelang.

“Dana yang kita gunakan kegiatan ini cukup lumayan banyak. Karena dalam sekali tebar takjil mampu mencapai 500 paket dan ada 15 kali dalam satu bulan," kata Dyah Ratri Handayani, salah satu perwakilan Ikwam.

Dengan demikian, Ikwam SMP Mutual membuat gerakan serkiler serta mengadakan bazar sebelum Ramadhan. Keuntungannya lalu digunakan untuk kegiatan tersebut.

"Kegiatan ini kita mulai sejak 14 Mei 2017 dengan mengadakan bazar menyambut Ramadhan 1439 H,” jelas Dyah.

Menurut dia, kegiatan ini merupakan gagasan yang dirancang karena kepeduliannya terhadap proses pembelajaran anak-anaknya yang ada di SMP Mutual Kota Magelang. Diharapkan, para peserta didik mempunyai karakter kepedulian dan gemar berbagi kepada sesama.

Kepala SMP Mutual Wasi’un mengatakan, tujuan diselenggarakannya takjil gratis ini untuk melatih meningkatkan kepedulian peserta didik pada bulan suci Ramadan dan juga merupakan syiar Islam. Harapannya, Ramadan selalu diisi dengan kegiatan-kegiatan positif yang juga akan berdampak positif. Baik bagi diri sendiri, orang lain, lingkungan dan masyarakat secara umum.

Disampaikan bahwa, menjadi manfaat bagi sesama manusia, itulah hakekat kebahagiaan jiwa dengan saling berbagi. Selain itu, kegiatan ini menjadi ajang promosi mengenalkan kepada masyarakat luas tentang keberadaan dan eksistensi SMP Mutual Kota Magelang.

"SMP Mutual sedang didesain sebagai sekolah unggulan di Kota Magelang kepada masyarakat,” ujarnya.

Sebagai sekolah dengan jargon sekolah unggul, berkemajuan dan Islami, SMP Mutual Kota Magelang selalu mengupayakan untuk membuat gerakan masif yang positif. Seperti halnya dibulan Ramadhan tahun ini.

Sebagai bentuk aksi nyata dalam mencapai sekolah yang berkemajuan SMP Mutual Kota Magelang tetap terus mengupayakan dan selalu bersinergi dengan seluruh stakeholder. Yaitu, salah satunya adalah bersinergi dengan Ikatan Wali Murid SMP Mutual Kota Magelang tersebut.

Apa Tanggapan Anda ?