Daerah

Mengedukasi Silaturahmi Anak Spesial, Sejak Dini

MAGELANG - Anak - anak berkebutuhan khusus di wilayah sekitar Magelang mengikuti acara Buka Bersama Griya Special Children (GSC) Magelang. Moment momen suci Ramadhan 1439 H ini, dimanfaatkan betul untuk menyelenggarakan buka bersama antara orang tua dan anak spesial Magelang. Selain mempererat tali silaturahmi, acara ini juga upaya mengedukasi silaturahmi sejak dini bagi anak - anak.

Hadir langsung dalam acara ini Dana Oktarina, Ny Danrindam Magelang yang juga membagikan bingkisan dan zakat kepada anak-anak. Sebagai Ketua Forum Komunikasi Anak Spesial (Forkasi), ia juga menyampaikan empatinya atas peran aktif orang tua dalam hal pendidikan, pengasuhan dan penanganan anak spesial.

Orang tua lainnya, Mama Farah mengaku bersyukur perkembangan anaknya kini sudah membaik. Anaknya dengan diagnosa CP (Celebral palsi), sebelumnya sudah dibawa ke beberapa pengobatan dan baru dua bulan terapi di Magelang sudah kelihatan progresnya. Hal ini yang menimbulkan semangat orang tua untuk terus aktif dalam pendampingan Ananda Farah.

"Mungkin saya baru di griya terapi, tapi alhamdulillah baru dua bulan anak saya Farah, sudah ada progres. Tidur siang teratur, keringat tidak bau, nafsu makan bertambah dan ototnya sudah mulai berisi, tidak spatik lagi," kata Mama Farah, di sela-sela menyampaikan prakata dari orang tua.

Keberadaan GSC dinilai sangat diperlukan dan sangat membantu orang tua. Terutama untuk orang tua yang dikaruniai anak spesial.

Sementara itu, Penanggung Jawab GSC Tiwuk Sri Sulasmi, S.Pd, menyampaikan bahwa, butuh penanganan terpadu untuk penanganan anak spesial. Seperti koordinasi yang baik antara orang tua, sekolah, terapis, psikolog atau dokter dan juga lingkungan keluarga. Hal itu untuk mencapai progres yang diinginkan.

"Tidak hanya menyerahkan tanggung jawab kepada pihak terapis atau sekolah. Tapi yang dominan adalah kekompakan orang tua untuk aktif dalam pendidikan, pengasuhan dan penanganan anak spesial mereka," jelasnya.

Selain berbagi dan buka bersama, acara diisi juga kajian tentang ke Islaman. Kajian sebelum berbuka diisi Ustaz Yusuf tentang "Nikmatnya Islam" dan ditutup dengan pembagian bingkisan dari Ketua Forkasi Magelang.

Apa Tanggapan Anda ?