Tokoh

Eko Alfi, Prestasi Akademik Hantarkan Kesuksesan Karir

Siedoo, Namanya Eko Alfi Widodo. Pria lulusan Kesehatan Lingkungan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro Semarang, Jawa Tengah tersebut memiliki segudang prestasi. Tidak hanya dibidang akademik, bidang softskill juga tak luput dari raihan prestasi.

Dia pernah menjadi Paskibraka Provinsi Jawa Tengah 2008, Bagus Duta Wisata Kabupaten Purworejo 2009. Bahkan, hingga menjadi perwakilan Misi Budaya Studio 8 FKM UNDIP di The 8th Shanghai Baoshan International Folk Art Festival 2013 di China.

Alfi sapaanya, juga seorang gitaris yang pernah menjadi juara 2 dalam ajang UNDIP Idol 2013 bersama Hastakustik- Band. Memiliki segudang prestasi, rupanya masih belum cukup bagi Alfi.

Ia juga aktif diberbagai organisasi. Antara lain Ketua CONVIDENT (Community of Environtmental Student) FKM UNDIP 2013, Ketua Art Community STUDIO 8 FKM UNDIP 2012, Dept. Pengabdian Masyarakat BEM FKM KM UNDIP 2010, serta Pengabdian Masyarakat Garda Tanjung Ikatan Alumni SMAN 7 Purworejo 2017.

Rentetan prestasi itu kini menyumbangkan karir yang diraih saat ini. Alfi kini menjadi General Affair (GA) Section Head di Armada Town Square Magelang, Jawa Tengah. Dengan usianya yang masih tergolong muda, posisi tersebut merupakan sebuah prestasi yang membanggakan.

“Artos merupakan tempat kerja pertama saya. Sejak Desember 2015, saya sebagai Environtmental Health and Safety (EHS) Staff di Departemen HR&GA. Sejak akhir 2017, saya diberi kepercayaan dan diangkat menjadi GA Section Head, " terang pria kelahiran 8 April 1992 itu.

Selama berkarir, tak sedikit ia menemui manis getirnya pekerjaan. Alfi mengaku banyak tantangan luar biasa ketika harus belajar banyak tentang kegiatan operasional pusat pelayanan jasa sebuah mall.

“Banyak bidang yang harus saya kuasai. Antara lain tentang cleaning service, parkir, security, serta perawatan seluruh fasilitas yang dimiliki mall," ungkapnya.

Belum lagi bagaimana menyusun skema tanggap darurat gedung yang baik dari ancaman kebakaran, dan bencana lain. Ditambah ada ISO 14001 mengenai manajemen lingkungan terkait pengelolaan limbah B3 yang berasal dari kegiatan operasional mall dan hotel.

"Pada intinya, saya harus mampu mengimplementasikan dan mensinkronisasikan ilmu yang didapat di bangku kuliah dengan implementasi di lapangan,” ucap dia.

Menjadi pemimpin General Affair, memiliki tantangan tersendiri. Diantaranya adalah bagaimana memahami karakteristik anggota yang beragam. Selain itu, banyak yang lebih senior, sehingga harus mempelajari pola komunikasi agar tetap kompak dan solid.

"Resep untuk menjalani hidup itu mendasari setiap perbuatan dengan niat yang baik. Insya Allah kita akan memperoleh hasil yang baik,” kata dia berpesan.

Apa Tanggapan Anda ?