Kamar Kos Bandung

Salah satu kamar kos. Foto : net

Opini

Cara Cerdas Pilih Kos-Kos an sambil Pelatihan

SMK Muhammadiyah 2 Muntilan

Siedoo,- Sebagai siswa/mahasiswa yang belajar jauh dari rumah, perlu berpikir cerdas dalam memilih kos untuk ditinggali. Ada berbagai macam jenis kos-kosan yang ada sekarang ini dengan berbagai fasilitas yang ditawarkan.

Sebagai orangtua yang jauh dari anaknya, pasti ingin anaknya tinggal di tempat yang aman, nyaman, lingkungan yang baik, dll. Tidak dipungkiri lagi dimasa sekarang ini pengaruh negatif sangat banyak. Ada banyak kos yang bersaing memberikan fasilitas yang bermacam-macam untuk manarik minat agar kos ditempat tersebut.

Fasilitas-fasilitas yang diberikan antara lain lemari, tempat tidur, kamar mandi dalam, dapur bersama, akses internet, tv, bebas listrik dan air. Bahkan ada yang memberikan fasilitas gym agar yang kos betah. Padahal untuk mendukung belajarnya mahasiswa perlu suatu pelatihan.

Kos Sambil Ikut Pelatihan

Fasilitas-fasilitas di atas sudah barang lazim ditawarkan oleh pemilik kos. Tetapi, ada pemilik kos yang mengkolaborasikan kos-kosan dengan memberikan kos sambil ada program pelatihan.

Pelatihan yang ditawarkan antara lain untuk meningkatkan kemampuan misal dalam bidang agama, kemampuan membuat program, bahasa inggris, berwirausaha, dll. Dengan syarat yang diberikan, jika kos ditempat seperti itu, secara tidak langsung kita dipaksa untuk belajar, berinteraksi.

Kita dapat berkomunikasi dengan teman-teman satu kos yang mempunyai minat dan tujuan yang sama. Misalnya, kos dengan penawaran tambahan peatihan bahasa inggris, pemilik kos akan menjadwalkan kursus bahasa inggris tiap hari pada jam tertentu.

Sedangkan komunikasi di dalam kos tersebut wajib berbahasa inggris. Dengan aturan tersebut, maka penghuni kos terbiasa berbahasa inggris dan tidak minder lagi dalam berkomunikasi.

Di kota-kota besar, kos dengan penawaran pelatihan banyak tersebar dengan harga yang terjangkau. Memang merupakan tantangan tersendiri jika kos dengan pelatihan seperti itu, tetapi manfaat yang didapatkan juga positif.

Jadi, kenapa tidak mulai mencari kos-kos seperti itu.

Nah jika ada teman-teman yang mempunyai informasi kos-kos dengan tambahan pelatihan seperti itu, tidak ada salahnya menulis di komentar. Harapannya agar teman-teman lain yang sedang mencari kos dapat, mempertimbangkan kos di tempat tersebut.

Apa Tanggapan Anda ?