Opini

Cara Cerdas Pilih Kos-Kos an sambil Pelatihan

Siedoo,- Sebagai siswa/mahasiswa yang belajar jauh dari rumah, perlu berpikir cerdas dalam memilih kos untuk ditinggali. Ada berbagai macam jenis kos-kosan yang ada sekarang ini dengan berbagai fasilitas yang ditawarkan.

Sebagai orangtua yang jauh dari anaknya, pasti ingin anaknya tinggal di tempat yang aman, nyaman, lingkungan yang baik, dll. Tidak dipungkiri lagi dimasa sekarang ini pengaruh negatif sangat banyak. Ada banyak kos yang bersaing memberikan fasilitas yang bermacam-macam untuk manarik minat agar kos ditempat tersebut.

Fasilitas-fasilitas yang diberikan antara lain lemari, tempat tidur, kamar mandi dalam, dapur bersama, akses internet, tv, bebas listrik dan air. Bahkan ada yang memberikan fasilitas gym agar yang kos betah. Padahal untuk mendukung belajarnya mahasiswa perlu suatu pelatihan.

Kos Sambil Ikut Pelatihan

Fasilitas-fasilitas di atas sudah barang lazim ditawarkan oleh pemilik kos. Tetapi, ada pemilik kos yang mengkolaborasikan kos-kosan dengan memberikan kos sambil ada program pelatihan.

Pelatihan yang ditawarkan antara lain untuk meningkatkan kemampuan misal dalam bidang agama, kemampuan membuat program, bahasa inggris, berwirausaha, dll. Dengan syarat yang diberikan, jika kos ditempat seperti itu, secara tidak langsung kita dipaksa untuk belajar, berinteraksi.

Kita dapat berkomunikasi dengan teman-teman satu kos yang mempunyai minat dan tujuan yang sama. Misalnya, kos dengan penawaran tambahan peatihan bahasa inggris, pemilik kos akan menjadwalkan kursus bahasa inggris tiap hari pada jam tertentu.

Sedangkan komunikasi di dalam kos tersebut wajib berbahasa inggris. Dengan aturan tersebut, maka penghuni kos terbiasa berbahasa inggris dan tidak minder lagi dalam berkomunikasi.

Di kota-kota besar, kos dengan penawaran pelatihan banyak tersebar dengan harga yang terjangkau. Memang merupakan tantangan tersendiri jika kos dengan pelatihan seperti itu, tetapi manfaat yang didapatkan juga positif.

Jadi, kenapa tidak mulai mencari kos-kos seperti itu.

Nah jika ada teman-teman yang mempunyai informasi kos-kos dengan tambahan pelatihan seperti itu, tidak ada salahnya menulis di komentar. Harapannya agar teman-teman lain yang sedang mencari kos dapat, mempertimbangkan kos di tempat tersebut.

Apa Tanggapan Anda ?
Auliya Burhanuddin

Share
Published by
Auliya Burhanuddin
Tags: Kospelatihan

Recent Posts

Aksi Nyata Pembangunan Bangsa dengan Menebar Kebaikan Al-Qur’an

SALATIGA - GenBI Komisariat IAIN Salatiga mengadakan kegiatan Gerakan Wakaf Al-Qur'an, belakangan ini. Tema yang…

1 minggu ago

Rutin Tahunan, Penyaluran Zakat Fitrah Oleh SD Tahfidz Quran As Syafi’iyah

MAGELANG - Sekolah Dasar (SD) Islam Tahfidz Qur'an As Syafi'iyah mengadakan kegiatan penerimaan zakat fitrah…

3 minggu ago

Pendidikan Dini Menyambut Fitri, Semarak Ramadhan di SD Islam Tahfidz Qur’an As Syafi’iyah

MAGELANG - Bulan Ramadhan merupakan bulan suci bagi umat Islam. Berbondong-bondong masyarakat serentak memeriahkannya. Seperti…

3 minggu ago

Semarak Ramadhan, SMP N 12 Kota Magelang Gelar Berbagai Kegiatan Keagamaan

MAGELANG - Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 12 Kota Magelang turut melaksanakan serangkaian kegiatan dalam…

4 minggu ago

GenBI Komisariat UNDIP Realisasikan Peran Sebagai Agent of Change dan Front Liner

SEMARANG - Generasi Baru Indonesia (GenBI) Komisariat Universitas Diponegoro selenggarakan kegiatan GenBI Mengajar pada Sabtu…

1 bulan ago

Esensi Layanan Bimbingan Karir Sebagai Sentra Karir

Siedoo, Seiring peluncuran kurikulum merdeka bagaimana peran dan fungsi bimbingan konseling mengutamakan kualitas peserta didik…

1 bulan ago