Ilustrasi

Nasional

Pasti Buka CPNS, Tapi Belum Tentukan Kuota

SMK Muhammadiyah 2 Muntilan

JAKARTA – Penerimaan CPNS digadang-gadang akan dilaksanakan Juli atau setelah Pilkada serentak 2018. Meski tinggal beberapa bulan lagi, tetapi jumlah formasi dan kuotanya sampai saat ini masih belum jelas.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian PANRB menyatakan, saat ini pemerintah masih memproses rekrutmen CPNS 2018.

“Untuk formasi jumlah CPNS 2018 semua masih dalam proses. Jadi belum ditentukan untuk jumlahnya. Ditunggu saja dalam waktu dekat,” kata dia sebagaimana ditulis Liputan6.

Sementara itu, Menteri PANRB, Asman Abnur mengaku, pihaknya juga berkoordinasi dengan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) terkait dengan kemampuan keuangan negara. Setelah semua proses selesai, baru akan dibuka rekrutmen CPNS yang diperkirakan setelah pelaksaan Pilkada.

“Setelah Pilkada. Tapi yang jelas formasinya sedang kita proses,” kata dia.

Asman juga memastikan jika pelaksanaan Pilkada tidak akan mengganggu proses tahapan rekrutmen CPNS ini. Sebab, yang mengusulkan kebutuhan CPNS adalah Badan Kepegawaian Daerah (BKD), bukan kepala daerah secara langsung.

‎‎”Enggak, itu tidak ada urusan (tidak mengganggu). Pilkada jalan, ini (penerimaan CPNS) tetap jalan. Karena yang mengajukan BKD,” tandasnya.

Pihaknya juga tengah konsentrasi memvalidasi data untuk mempersiapkan pengangkatan guru honorer menjadi PNS. Namun, rekrutmen guru tersebut akan dilakukan mengacu pada perundang-undangan yang berlaku.

“Kami sedang koordinasi terus dengan Mendikbud dan Kementerian Agama agar angka validasi nanti menjadi acuan, jumlah yang pensiun, jumlah yang kurang. Jadi acuan di Menpan menentukan formasinya,” jelas Asman.

Apa Tanggapan Anda ?