PEMBUKAAN. Para atlet dari Indonesia yang menghadiri acara pembukaan cabang olahraga handball ASEAN University Games ke-21 terlihat khidmat menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. (foto: its)
Siedoo.com - PEMBUKAAN. Para atlet dari Indonesia yang menghadiri acara pembukaan cabang olahraga handball ASEAN University Games ke-21 terlihat khidmat menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. (foto: its)
Daerah

ITS Sambut Peserta Cabor Indoor Handball di ASEAN University Games

SURABAYA, siedoo.com – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menjadi tuan rumah cabang olahraga (cabor) indoor handball kategori putra ASEAN University Games (AUG) ke-21. Kampus tersebut menggelar Welcome Party untuk menyambut para peserta, Rabu (26/6) malam.

Acara yang dilaksanakan di Hotel Swiss-Belinn Manyar, Surabaya tersebut sekaligus sebagai pembukaan secara resmi pertandingan AUG ke-21 cabor indoor handball di ITS.

Rektor ITS Ir Bambang Pramujati ST MScEng PhD menyampaikan bahwa ITS sangat senang menyambut para atlet handball peserta AUG ini.

Ia pun mengungkapkan rasa terima kasih kepada pemerintah dan Asosiasi Bola Tangan Indonesia (ABTI) yang telah memberi kesempatan ITS menjadi tuan rumah dari kompetisi yang bergengsi ini. Terlebih, ini merupakan kali pertama cabor handball dipertandingkan di AUG.

Menurut Bambang, pertandingan yang akan berlangsung selama empat hari di kampus ITS ini tidak hanya sekedar ajang berkompetisi.

Akan tetapi, pertandingan ini juga dapat menjadi sarana dalam memperkuat persahabatan, pertukaran budaya, hingga memperkuat persatuan antar universitas di lingkup ASEAN.

Oleh karena itu, lelaki kelahiran Jogjakarta tersebut juga mengajak para peserta yang berasal dari Indonesia, Malaysia, dan Singapura untuk turut menikmati keindahan Kota Surabaya.

“Jangan lupa luangkan waktu untuk explore Surabaya dan bisa juga berkunjung melihat sunrise di Gunung Bromo,” ajaknya.

Sebagai tuan rumah, Bambang menyampaikan bahwa ITS telah berkomitmen untuk dapat menyelenggarakan pertandingan ini dengan baik. Salah satunya adalah dengan membenahi Gedung Olahraga (GOR) Pertamina ITS, tempat pertandingan dilaksanakan agar sesuai dengan standar handball internasional.

“Kita harus melakukan yang terbaik karena kita tidak hanya membawa nama ITS, tetapi juga Surabaya dan Indonesia,” tandasnya mengingatkan panitia.

Di sisi lain, dosen Departemen Teknik Mesin ITS tersebut juga berharap agar kesempatan menjadi tuan rumah ini juga menjadi awal bagi perkembangan olahraga handball di ITS.

Baca Juga :  Ini 10 Strategi Khusus ITS Hadapi Revolusi Industri

“Dengan melihat pertandingannya secara langsung, berpotensi untuk membuat mahasiswa tertarik dengan olahraga handball ini,” tutur Bambang.

Lebih lanjut, ia juga mengaku berencana agar olahraga tersebut dapat menjadi salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di ITS nantinya.

“Semoga nantinya ITS dapat melahirkan atlet handball hebat yang mampu bergabung dengan ABTI,” harapnya. (its/siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?