UCAP JANJI. Sebanyak 88 mahasiswa Fikes UNIMMA semester dua yang terdiri dari 47 peserta dari D3 dan 41 peserta dari S1, mengucap janji. (foto: unimma)
Siedoo.com - UCAP JANJI. Sebanyak 88 mahasiswa Fikes UNIMMA semester dua yang terdiri dari 47 peserta dari D3 dan 41 peserta dari S1, mengucap janji. (foto: unimma)
Daerah

Jelang Praktik di RS, 88 Mahasiswa Fikes UNIMMA Ucap Janji

MAGELANG, siedoo.com – Capping Day (Ucap Janji) dilakukan mahasiswa D3 Keperawatan dan S1 Ilmu Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) Tahun Akademik 2023/2024 di Auditorium Kampus 1, Sabtu 8 Juni 2024.

Temanya ‘Menguatkan Karakter Islami, Berfikir Kritis dan Berjiwa Caring’.

Agenda tahunan ini merupakan acara seremoni untuk mempersiapkan mahasiswa yang akan menjalani praktek lapangan.

Sebanyak 88 mahasiswa semester dua yang terdiri dari 47 peserta dari D3 dan 41 peserta dari S1, mengucap janji dan disematkan id card mahasiswa oleh Dekan Fikes UNIMMA.

Seluruh mahasiswa akan diterjukan ke beberapa rumah sakit diantaranya RSUD Tidar, RSUD Merah Putih, RSUD Muntilan, RS Harapan, PKU Muhammadiyah Temanggung dan PKU Muhammadiyah Grabag.

Rektor UNIMMA, Dr. Lilik Andriyani, SE., MSI dalam sambutannya menyampaikan, UNIMMA dan khususnya Fikes terus berusahan meningkatkan mutu standar pembelajaran sesuai yang diinginkan.

“Standar mutunya adalah unggul, yang tidak hanya sekadar unggul saja tapi dimaknai dengan adanya peningkatan perbaikan layanan dari sisi akademik dan non akademik,” ujarnya.

Dekan Fikes, Dr. Heni Setyowati Esti Rahayu, M. Kes dalam laporannya mengatakan, sebelum mahasiswa mengucap janji, telah dilaksanakan pembekalan agar mahasiswa benar-benar siap dalam menghadapi praktek lapangan baik dari aspek mental, keilmuan dan ketrampilannya.

“Meskipun sudah kuliah satu semester lebih, tapi juga masih perlu pembekalan yang di dalamnya terdapat pembinaan-pembinaan terkait sikap, mental karena subyek dari pelayanan kita adalah pasien yang harus diperlakukan dengan baik, supaya tidak memperberat penyakitnya tapi justru membantu menyembuhkan penyakitnya,” tuturnya.

Disebutkan pula bahwa tema kegiatan yang diambil selaras dengan visi yang dimiliki fakultas dan masing-masing prodi.

“Menguatkan karakter islami dengan sikap-sikap Islami yang harus diterapkan dalam berinteraksi atau memberikan perawatan kepada pasien. Kemudian berpikir kritis, apa yang terjadi pada pasien perlu dikaji dengan ilmu yang telah didapat. Dan selanjutnya berjiwa caring, kami menginginkan mahasiswa mempunyai sikap peduli, empati, melayani dan atribut-atribut softskill yang lain,” jelasnya.

Baca Juga :  UNIMMA Siapkan Mahasiswa Perawat yang Islami

Adapun acara Ucap Janji dihadiri oleh Dewan Penguruh Daerah (DPD) Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kota dan Kabupaten Magelang, Direktur dan Clinical Instructure (CI) dari rumah sakit mitra serta wali mahasiswa. Dalam kesempatan tersebut, diberikan penghargaan bagi tiga mahasiswa dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi di masing-masing prodi. (unimma/siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?