Ilustrasi. foto: dekamuslim.com

Opini

Begini, Pendidikan Karakter dalam Keluarga


Siedoo, PENDIDIKAN keluarga berperan sangat strategis sebagai peletak dasar/fondasi bagi kehidupan selanjutnya. Karena itu, agar keluarga menjadi cerminan pembelajar sejati, kiranya dua hal yang perlu diperhatikan.

Demikian ditandaskan Humas SMP IT PAPB Semarang dan mantan Pengurus Persatuan Guru Nahdlatul Ulama Jawa Tengah, Usman Roin.

Pertama, meningkatkan wawasan keluarga

Orang tua sebagai penanggung jawab rumah tangga perlu memiliki pengetahuan luas terkait bagaimana mengonsep keluarga. Utamanya, mau dibawa kemana rimbanya keluarga dari sisi pedagogik.

“Guna mewujudkan hal itu, orang tua perlu memperbanyak belajar, agar khazanah pengetahuan yang didapat bisa digunakan untuk mensiasati derasnya perkembangan zaman milenial hari ini,” katanya sebaimana ditulis Tribun Jateng.

Alhasil, semangat orang tua untuk senantiasa belajar keseharian adalah bagian dari ikhtiar cerdas meningkatkan wawasan keluarga.

“Hal ini agar mampu mengantarkan cita-cita ideal sebagai bagian dari keluarga-keluarga pembelajar di tanah air,” cetusnya.

Kedua, belajar dari keluarga yang sukses

Peran orang tua dalam membangun kesuksesan keluarga bisa dibentuk dari profil keluarga yang sukses. Adapun terkait profile keluarga yang sukses, hari ini bukan barang sulit untuk dicari. Bahkan lebih dari itu, akan banyak dan mudah ditemukan.

Mulai dari buku biografi tentang membina kesuksesan berkeluarga, ataupun dari media massa (baik online maupun cetak) yang banyak mengangkat kisah-kisah menyentuh (features) tentang suksesnya keluarga yang layak dijadikan teladan.

“Akhirnya, adanya profil tersebut justru menjadi kiat awal/jalan pembuka, bagaimana membangun kesuksesan, hingga sukses mencari alternatif jalan saat kesulitan ditemui,” tandasnya.

Selain itu, kehadiran para keluarga pembelajar yang sukses tersebut tentu akan banyak memberi gambaran serta kontribusi. Bahwa kesuksesan itu perlu diraih dengan kesungguhan, saling menciptakan spirit kebersamaan dalam belajar.

“Guna mewujudkan pembelajar sejati dalam kehidupan keluarga-keluarga secara Nasional. Semoga,” katanya berharap.

Apa Tanggapan Anda ?