Unpad meluncurkan aplikasi Radio Unpad.

Kegiatan

Sambut Tahun ke-6, Unpad Gelar Transformasi Radio Digital


BANDUNG – Informasi sudah menjadi kebutuhan setiap orang. Informasi pun bisa didapatkan dari media apapun. Orang-orang cenderung akan memilih media yang memberikan informasi dengan cepat dan lengkap.

Hal tersebut pun menjadi tantangan bagi media saat ini. Media dituntut untuk bisa menyediakan informasi secara cepat, dan mudah untuk diakses oleh setiap orang. Salah satunya adanya radio komunitas yang ada di kampus atau lebih dikenal dengan radio kampus.

Saat ini radio kampus telah menjadi media alternatif sebagai penyedia hiburan bagi mahasiswa. Cara mendengar yang cukup praktis, musik yang cenderung lebih easy listening, gaya penyiarnya yang mudah masuk dengan karakteristik mahasiswa, serta konten yang sesuai dengan kehidupan mahasiswa menjadi daya tarik tersendiri.

Walaupun radio kampus tidak begitu populer jika dibandingkan dengan media daring atau platform gawai yang kini sedang gencar-gencarnya berkembang. Tapi, tidak bisa dipungkiri setiap universitas memiliki radio kampusnya sendiri.

Radio Unpad disiarkan dari lantai dasar Gedung Rektorat Universitas Padjadjaran Jatinangor hadir melalui teknologi live audio streaming, yang dapat dinikmati melalui website. Radio Unpad diresmikan pada Kamis, 5 Januari 2012. Enam tahun Radio Unpad mengudara dan menjadi saluran informasi Universitas Padjadjaran.

Dalam rangka memperingati ulang tahun yang keenam, Radio Unpad meluncurkan aplikasi Radio Unpad dan Diskusi Interaktif dengan tema “Transformasi Digital Radio di Era Globalisasi” yang akan diselenggarakan pada Rabu, 14 Maret 2018 di Bale Sawala gedung Rektorat Lt. 1 Universitas Padjadjaran Jatinangor pukul 09.00 WIB – selesai. Acara dibuka untuk umum ini akan dihadiri Rektor Unpad, Prof. Tri Hanggono Ahmad dan menghadirkan narasumber yang kompeten di bidang penyiaran.

Mereka yaitu Sekretaris PRSSNI Jawa Barat Ir. Dadang Mulyadi, Dosen Prodi Humas Fikom Unpad, Ade Kadarisman, S.Sos., MT., M.Sc dan Penyiar Radio Ardan Haried S Prakasa. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan wawasan dan rasa ingin tahu mahasiswa tentang perkembangan radio kampus dan dapat mengetahui cara untuk meningkatkan eksistensi radio kampus di era digital saat ini.

Selama enam tahun tersebut Radio Unpad terus membenahi diri hingga kini memiliki 11 program yang hadir setiap minggunya. Melalui program Inspira yang merupakan program unggulan dari Radio Unpad, tercatat sudah 147 tokoh, public figure dan selebritis yang pernah menjadi narasumber.

Apa Tanggapan Anda ?