Ilustrasi. foto: tribunnews

Internasional

Tawaran Menggiurkan 5.000 Beasiswa dari Malaysia


Siedoo, ADA kabar gembira bagi Warga Negara Indonesia (WNI) yang “ngebet” kuliah di Negara Malaysia. Sebab, negara tetangga tersebut menyediakan beasiswa khusus bagi WNI. Kuotanya bisa dibilang “gede”. Menyentuh angka 5.000 beasiswa untuk S1, S2 dan S3.

Pemberian beasiswa merupakan kerjasama Kerajaan Malaysia dengan Education Malaysia. Jumlah itu merupakan jumlah terbanyak selama ini, yang ditawarkan ke Indonesia.

Duta Besar Malaysia untuk Indonesia Dato Seri Zahrain Mohamed Hashim menyatakan, kini ada 11 ribu WNI yang menempuh pendidikan di sana. Malaysia merupakan destinasi tepat bagi pelajar Indonesia karena prestasi, kualitas.

“Penawaran beasiswa ini menunjukkan peluang kerjasama pendidikan tinggi Malaysia dan Indonesia melalui pendekatan komprehensif dan efektif,” katanya sebagaimana ditulis Vivanews.

Beasiswa Dikaterogikan Menjadi Dua

Dato menjelaskan, beasiswa dengan tajuk Malaysia-Indonesia Scholarship Programme terbagi menjadi dua.

1. Beasiswa Merit
Yakni didasarkan pada penilaian akademik dengan potongan biaya 80 persen hingga 100 persen.

2. Beasiswa Parsial
Yakni beasiswa dengan potongan 50 persen.

Untuk menfasilitasi hal tersebut akan digelar karnaval “Ayo Kuliah di Malaysia” pada 10-11 Maret di Kompleks Kedutaan Besar Malaysia di Jakarta.

Dalam kesempatan tersebut, pengunjung dapat berinteraksi dengan 29 kampus negeri maupun swasta Malaysia yang berpartisipasi dalam karnaval.

Selama karnaval, juga bisa melakukan pra pendaftaran kepada kampus yang diminati. Stan Departemen Imigrasi Malaysia siap membantu para pelajar Indonesia yang ingin lebih tahu soal syarat dan pengajuan visa belajar.

“Melalui pendidikan juga bisa memberi pemahaman lebih tentang Malaysia kepada warga negara Indonesia,” tandasnya.

Selama karnaval juga ada yang menarik. Yaitu berkesempatan memenangkan undian dua tiket penerbangan Jakarta – Kuala Lumpur.

Apa Tanggapan Anda ?