LPP UM Magelang mengadakan Workshop Penyusunan Perangkat Pembelajaran pada Kurikulum Pendidikan Tinggi. Rektor UM Magelang Ir Eko Muh Widodo MT (kiri) membuka secara langsung acara tersebut.

Daerah

Persiapkan Kurikulum Pendidikan Tinggi yang Terintegrasi


MAGELANG – Universitas Muhammadiyah (UM) Magelang, Jawa Tengah menggelar Workshop Penyusunan Perangkat Pembelajaran pada Kurikulum Pendidikan Tinggi (KPT) Terintegrasi Islamic Softskill dengan Pola Student Centered Learning. Acara ini untuk memberikan pemahaman dan sosialisasi tentang kurikulum pendidikan tinggi yang terintegrasi. Sebanyak 60 peserta diundang pada acara yang yang digelar Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP) UM Magelang itu.

Ketua LPP UM Magelang Dr. Suliswiyadi, M.Ag berharap, dengan mengikuti kegiatan tersebut para peserta dapat menyusun rencana pembelajaran semester KPT berdasarkan pada SCL dan Islamic Softskills. Hal tersebut dapat meningkatkan kualitas output mahasiswa UM Magelang.

Selain itu para peserta juga diharapkan dapat mengidentifikasi Islamic Softskills di UM Magelang. Sehingga, proses kecerdasan emosional, sifat kepribadian, ketrampilan sosial, komunikasi, berbahasa, kebiasaan pribadi, keramahan, dan optimisme yang ditimbulkan oleh mahasiswa akan berlandaskan pada nilai-nilai Islam.

Ia mengungkapkan, sebanyak 60 peserta diundang dalam workshop yang diadakan dalam dua tahap tersebut. Peserta terdiri dari ketua program studi, tim pengembang kurikulum, serta tim softskills UM Magelang. Adapun waktu kegiatan diadakan Jumat (9/3/2018) dan Senin (19/3/2018) mendatang.

Dalam acara yang dibuka Rektor UM Magelang Ir Eko Muh Widodo MT itu, dua narasumber yang kompeten dihadirkan untuk memberikan paparan dengan tema yang berbeda. Pada tahap pertama narasumber yang dihadirkan adalah Prof.Drs. Suyanto, M.Ed, Ph.D yang expert di bidang manajemen pendidikan.

Ia menyampaikan materi tentang Pengembangan Softskills di Perguruan Tinggi serta Model Pembelajaran dan Evaluasi Softskills. Adapun pada kegiatan berikutnya, narasumber yang dihadirkan yakni Prof. Sukarno yang merupakan Ketua Umum Active Learning Fasilitator Association (ALFA). Ia akan membahas tuntas tentang Student Center Learning (SCL) dan Active Learning.

Apa Tanggapan Anda ?