GELAR KARYA. Hasil karya peserta didik TK Asy Syaffa 1 Kota Magelang yang ditampilkan di Gelar Karya Kids Art & Craft Preneur. (foto: istimewa)
Siedoo.com - GELAR KARYA. Hasil karya peserta didik TK Asy Syaffa 1 Kota Magelang yang ditampilkan di Gelar Karya Kids Art & Craft Preneur. (foto: istimewa)
ADV

TKIT Asy Syaffa 1 Kota Magelang Asah Kreativitas dan Tumbuhkan Jiwa Wirausaha

MAGELANG, siedoo.com – TK Asy Syaffa 1 Kota Magelang mengadakan Gelar Karya Kids Art & Craft Preneur, belum lam ini. Karya-karya yang ditampilkan merupakan hasil kerajinan tangan peserta didik kelompok B yang terdiri atas 5 rombel. Seperti apa?

———

Sesuai nama kegiatan, gelar karya ini diselenggarakan untuk menumbuhkan karakter Profil Pelajar Pancasila, membangkitkan jiwa wirausaha, kreativitas, dan imajinasi peserta didik.

Dalam satu topik yang diberikan, peserta didik diajak untuk menggali apa yang dapat ditampilkan. Baik dalam bentuk seni murni sampai terapan yang memiliki nilai guna.

Misalnya lukisan di atas kanvas untuk dekorasi dan di atas kaus yang dapat dipakai.

Selain itu, tampak karya-karya daur ulang sampah, seperti pot bunga yang dibuat dari galon air mineral. Kegiatan ini merupakan lanjutan dari pembelajaran projek penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan tema Aku Sayang Bumi.

Peserta didik dikenalkan untuk merawat alam semesta dengan memanfaatkan barang-barang yang tidak terpakai menjadi produk yang bermanfaat.

Karya seni Eco print, juga ada di sini, serta karya seni bertemakan tanaman kaktus yang merupakan proyek kelompok B1 yang berkunjung ke salah satu wali peserta didik pemilik usaha tanaman kaktus hias.

Dari sini, mereka belajar seluk beluk kaktus, menanam kaktus. Kemudian di sekolah mereka berkreasi membuat karya seni bertemakan kaktus yang dituangkan dalam kanvas, tas, maupun kaus.

Tujuan gelar karya lainnya yaitu, memupuk rasa cinta pada bumi dan alam semesta ciptaan Allah.

Diharapkan peserta didik mampu berpartisipasi dalam menjaga, melindungi, dan memanfaatkan bahan-bahan yang tersedia dari alam tanpa merusaknya.

“Gelar karya ini menumbuhkan semangat anak untuk senang berkarya, menciptakan kreativitas yang bernilai seni dan melatih menghargai karya seni,” kata  Kepala TKIT Asy Syaffa 1 Kota Magelang, Tri Handayani,

Baca Juga :  Sukses, SMK Muhammadiyah 2 Muntilan Laksanakan MPLS Online

Karya-karya peserta didik TKIT Asy Syaffa 1 Kota Magelang nantinya akan dilelang. Ada beberapa peserta didik dan orang tua membeli karyanya sendiri atau karya teman sebagai bentuk apresiasi. (fida/siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?