KANTOR. Ilustrasi pekerja kantoran. (sumber: cvmenarik.com)
Siedoo.com - KANTOR. Ilustrasi pekerja kantoran. (sumber: cvmenarik.com)
Pendidikan

Ingin Jadi Pekerja Kantoran? Telusuri Dulu Kelebihan dan Kekurangannya

Banyak pekerjaan yang bisa dipilih setelah menyelesaikan pendidikan. Tetapi, bagi masyarakat Indonesia, menjadi pekerja kantoran merupakan salah satu yang paling strategis.

Tentu, hal ini dikarenakan ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan ketika menjadi pekerja kantoran. Meski begitu pekerjaan kantoran ternyata juga memiliki kekurangan tersendiri.

Bekerja kemudian mempunyai jabatan di perusahaan dengan reputasi yang baik adalah cita-cita banyak orang. Apalagi jika mereka sejak awal memang berniat serius untuk membangun karir di suatu perusahaan.

Banyak hal yang melatarbelakangi hal ini. Salah satunya adalah stigma masyarakat terhadap pekerja kantoran. Apabila memang Anda memiliki keinginan yang besar untuk menjadi seorang pekerja kantoran, tentu harus mempersiapkan banyak hal untuk itu semua.

Misalnya mulai menyiapkan dokumen seperti surat lamaran kerja dan CV. Tentu dokumen itu harus menarik agar bisa membuka peluang untuk diterima kerja.

Maka dari itu, Anda pun harus mengetahui tentang bagaimana membuat CV profesional, sehingga perekrut akan menilai bahwa Anda adalah orang yang kompeten dan ahli di bidangnya.

Kelebihan dan Kekurangan Jadi Pekerja Kantoran

Menjadi pekerja kantoran memang kerap dinilai menarik. Mulai dari mengenakan pakaian yang rapi, kemudian beraktivitas di gedung perkantoran yang megah.

Tentunya ini akan merasa keren dan bangga. Namun, ternyata menjadi pekerja kantoran pun memiliki kelebihan dan kekurangan.

Simak informasi di bawah ini supaya Anda bisa mendapatkan jawabannya dengan jelas.

Kelebihan

1. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi

Pekerja kantoran tentu akan selalu berhubungan dengan banyak orang. Terdapat alur birokrasi antar divisi, manajer, dan klien yang memang menuntut Anda untuk memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan benar. Dengan bekerja di perkantoran, tentu kemampuan tersebut akan selalu terasah.

Baca Juga :  Berikut Deretan Prestasi Siswa SMPN 4 Kota Magelang Dalam Ajang POPDA dan MAPSI

Salah satu contohnya adalah, keahlian komunikasi baik verbal atau non verbal, negosiasi, hingga keahlian dalam memahami kondisi serta memotivasi orang lain. Anda bisa terus melatih diri dengan cara sering berinteraksi dengan orang lain ketika bekerja di perkantoran.

2. Memperluas Jaringan

Jaringan atau relasi menjadi hal yang cukup penting dalam karir seseorang. Dengan bekerja di perkantoran, tentu Anda akan mendapatkan jejaring yang lebih luas, rekan kerja yang saat ini berinteraksi bisa menjadi relasi, manajer kantor pun demikian. Selain itu, klien pun bisa menjadi relasi yang sewaktu-waktu memberikan manfaat bagi karir kita.

Dengan relasi yang luas, tentu akan mempermudah pekerjaan kita ketika sudah berada di level yang lebih tinggi. Anda tidak perlu lagi menjajaki klien baru ketika klien lama masih berhubungan baik dan menguntungkan bagi bisnis perusahaan.

3. Fasilitas dan Lingkungan Kerja yang Baik

Siapa yang tidak ingin bekerja dengan fasilitas yang baik, dan lingkungan kerja yang memadai? Fasilitas dan lingkungan kerja yang baik bisa didapatkan ketika Anda menjadi pekerja kantoran di suatu perusahaan. Apalagi jika perusahaan itu sudah memiliki nama besar, pastinya karir Anda akan lebih menjanjikan.

Dengan fasilitas dan lingkungan kerja yang baik, bukan tidak mungkin kinerja Anda akan semakin baik. Tidak sedikit ada karyawan yang kinerjanya terhambat karena fasilitas dan lingkungan kerja yang tidak memadai, padahal hal itu merupakan unsur yang sangat penting.

Kekurangan

1. Pekerjaan yang Monoton

Ketika Anda bekerja di suatu perusahaan sebagai pekerja kantoran, tentu rutinitas dan pekerjaan yang dilakukan akan monoton. Bekerja selama 5-6 hari selama 8 jam akan cukup membosankan jika hanya mengerjakan hal yang itu-itu saja.

Baca Juga :  Mantap! UNIMMA Buka Prodi S1 Teknik Mesin, Ini Dasarnya

Apalagi jika Anda merupakan tipikal orang seni, hal ini tentu akan menjadi hal yang tidak nyaman di diri Anda. Saat menjadi pekerja kantoran, Anda harus bersedia lelah dan bosan.

2. Ada Potensi Konflik Dengan Rekan Kerja

Persaingan antar pekerja kantoran memang sangat tidak bisa dihindari, hal ini tentu setiap orang memiliki misi yang berbeda-beda. Bisa saja Anda memiliki misi untuk naik ke jabatan tertentu, tetapi Anda pun harus ingat bahwa ada pekerja lain yang menginginkan jabatan itu.

Tidak menutup kemungkinan ada persaingan tidak sehat antar pekerja yang mengakibatkan perselisihan. Maka dari itu, bagi Anda yang berencana menjadi pekerja kantoran tentu harus memahami hal ini dan siap dengan segala konsekuensinya.

3. Ada Potensi Gangguan Kesehatan

Pekerja kantoran rentan mendapatkan gangguan kesehatan. Hal ini dikarenakan beberapa faktor, mulai dari kesibukan yang tinggi, serta tekanan atasan yang juga tinggi. Sehingga, pekerja kantoran rentan mengalami stres dan depresi. Apalagi jika dalam waktu yang lama selalu duduk di depan laptop setiap hari, potensi penyakit lain pun tidak menutup kemungkinan akan masuk ke tubuh.

Nah itu dia beberapa kelebihan dan kekurangan jadi pekerja kantoran yang bisa Anda jadikan referensi sebelum bekerja di suatu perusahaan. Setiap profesi tentu memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Tetapi, apabila Anda sudah memahami berbagai hal dari profesi tersebut, akan dengan mudah menjalankannya. (dzotan)

Apa Tanggapan Anda ?