Ilustrasi Temanggung kota tembakau.

Daerah

3 Perguruan Tinggi Top di Temanggung

SMK Muhammadiyah 2 Muntilan

TEMANGGUNG – Pendidikan tinggi merupakan pendidikan lanjutan setelah siswa menamatkan pendidikan menengah atas. Pendidikan tinggi dipersiapkan untuk mencetak sumber daya manusia yang mempunyai kemampuan akademis dan profesional. Dengan adanya tenaga yang terdidik, diharapkan mempunyai kemampuan menerapkan dan menciptakan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Temanggung merupakan sebuah kota sedang berkembang yang berada di Provinsi Jawa Tengah. Kota ini terkenal dengan negeri tembakau karena merupakan penghasil tembakau kelas dunia dari Indonesia. Kota yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Magelang, Wonosobo, Kendal, dan Semarang ini sadar bahwa pendidikan merupakan aspek penting dalam masa sekarang.

Terdapat 432 SD, 74 SMP, 16 SMA, dan 23 SMK. Di Temanggung juga ada beberapa pendidikan tinggi, dan berikut 3 top pendidikan tinggi di Temanggung:

1. STAINU Temanggung

Sekolah tinggi ini mempunyai 6 program studi unggulan strata 1. Antara lain: Prodi Ekonomi Syariah, Prodi Hukum Keluarga (Ahwal Syakhshiyah). Manajemen Pendidikan islam, Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, dan Pendidikan Islam Anak Dini.

Sekolah tinggi ini mempunyai alamat situs di: STAINU Temanggung.  Perguruan yang berada dibawah yayasan Nahdlatul Ulama berdiri dari tahun 1969. Kampus ini sudah banyak melahirkan alumni-alumni yang tersebar di berbagai daerah, bahkan ada yang menjadi dosen di Universitas Nasional Malaysia.

2. AKPER Ngestiwaluyo Temanggung

Kampus ini mempunyai satu prodi yaitu d3 keperawatan. Kampus ini terletak di Parakan Temanggung. Kampus juga ini mempunyai fasilitas asrama yang hanya diperuntukkan untuk mahasiswi dengan daya tampung 144 mahasiswi.

Fasilitas yang lain berupa gedung perkuliahan, laboratorium keperawatan, dan perpustakaan. Untuk meningkatkan keahlian dari lulusan, akademi ini melakukan kerjasama dengan beberapa rumah sakit sebagai tempat mahasiswa melakukan praktik yaitu:

  1. RS Kristen Ngesti Waluyo Parakan.
  2. RS Bethesda Yogyakarta.
  3. RS Emanuel Klampok Banjarnegara.
  4. RS Mardi Rahayu Kudus.
  5. RS Panti Rahayu Purwodadi.
  6. RS Budi Rahayu Pekalongan.
  7. RS Santa Maria Pekalongan.
  8. RS Palang Biru Gombong.

3. AKPER Alkautsar Temanggung

Akademi ini mempunya satu prodi yaitu d3 keperawatan. Fasilitas yang ditawarkan akademi ini, antara lain beasiswa bagi mahasiswa berprestasi, ruang kuliah lengkap dengan LCD Proyektor. Laboratorium Keperawatan, Perpustakaan dengan koleksi teksbook keperawatan, kedokteran, serta jurnal kesehatan.

Kampus milik sendiri, dan hotspot area. Agenda akademi adalah pelatihan penanganan penderita gawat darurat, penyelenggaraan ujian kompetensi, pelatihan wound care, pelatihan ICU, pelatihan hemodialisa dan NICU.

Semua prodi yang berada di STAINU Temanggung, AKPER Ngestiwaluyo Parakan, dan AKPER Alkautsar Temanggung terakreditasi B. Dengan akreditasi B maka secara kualitas dapat bersaing dengan perguruan tinggi-perguruan tinggi di daerah lain.

Dengan jumlah siswa dari SMA/SMK yang begitu banyak maka diharapkan banyak siswa yang melanjutkan di temanggung saja. Karena secara kualitas, tidak jauh beda dengan perguruan tinggi di daerah lain karena telah terakreditasi B.

Apa Tanggapan Anda ?