DITERJUNKAN. Penerjunan beberapa siswa PKL di BPPKAD Kabupaten Magelang. (foto: madya tantri/sideoo.com)
ADV Daerah

Ratusan Siswa SMK Muhammadiyah 1 Borobudur Magelang Jalani PKL Awal Tahun Ini

MAGELANG – Ratusan siswa SMK Muhammadiyah 1 Borobudur Kabupaten Magelang, Jawa Tengah menjalani Praktik Kerja Lapangan (PKL) tahun ini. PKL  dilaksanakan selama 3 bulan. Terhitung mulai pekan pertama Januari 2022.

PKL diperuntukkan bagi siswa kelas XI. Namun pada tahun lalu terjadi perubahan ketentuan dikarenakan keterbatasan kegiatan akibat Pandemi Covid-19. Sehingga pada tahun 2021, PKL diprogram untuk kelas XII. Dan tahun 2022, program PKL kembali diperuntukan bagi siswa kelas XI.

Penerjunan PKL diadakan di tempat atau mitra yang sudah bekerja sama dengan pihak sekolah untuk melaksanakan program PKL. PKL direncanakan setiap satu tahun sekali. Kali ini SMK Muhammadiyah 1 Borobudur menerjunkan sejumlah 116 siswa yang berasal dari 5 kelas dengan kompetensi keahlian yang berbeda – beda, Selasa (04/01/2022).

Lokasi PKL tersebar di area Kabupaten/Kota Magelang dan sekitarnya. Pemilihan lokasi ditentukan langsung oleh pihak sekolah dan dibantu oleh Kaprodi masing-masing Jurusan.

Sekolah telah menyiapkan buku panduan bagi setiap siswa yang mengikuti PKL. Buku panduan berisi segala contoh laporan atau ketentuan dari sekolah pada siswa PKL agar tetap sesuai dengan aturan.

Kepala SMK Muhammadiyah 1 Borobudur, Munif Hanafi berharap siswa mampu untuk mengikuti dan menyesuaikan ketentuan yang berlaku di tempat PKL sesuai kompetensi keahlian mereka.

“Saya harap kalian dapat menjaga etika, kesopanan, demi nama baik sekolah maupun pribadi. Tidak boleh melakukan hal-hal diluar batas wajar, yang sekiranya dapat mengganggu pelaksanaan aktivitas/kegiatan di tempat PKL,” jelas Munif.

Pada program sekolah kejuruan, PKL bersifat wajib. Sehingga bila ditemukan siswa tidak mengikuti PKL tanpa alasan, akan diberikan sanksi oleh Panitia Pelaksana kegiatan ataupun Kaprodi masing-masing jurusan. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?