Nasional

Dampak BLU Harus Tingkatkan Kinerja Layanan dan Keuangan

JAKARTA – Kementerian Keuangan menggelar webinar bertajuk ‘Perguruan Tinggi Negeri (PTN) BLU (Badan Layanan Umum) Inovatif dan Sigap Dalam Pemulihan Ekonomi Indonesia’ dalam BLU Expo yang berlangsung 16-18 November 2021 di Jakarta. Webinar dibuka langsung oleh Menteri Keuangan RI Sri Mulyani.

Harapannya BLU Expo dapat menjadi sarana promosi produk dan layanan BLU kepada masyarakat serta mendapatkan calon mitra usaha. Sesuai dengan tema BLU Expo 2021 ‘BLU Berstrategi Pulihkan Ekonomi’ diharapkan BLU memikirkan strategi baru yang tidak business as usual dalam memberikan layanan kepada masyarakat. Khususnya dalam menghadapi kondisi extraordinary seperti saat ini.

Universitas Negeri Yogyakarta sudah menjadi PTN BLU sejak 12 tahun yang lalu dan mengukir sejumlah prestasi. Diantaranya berada di klaster 1 peringkat 12 tahun 2020 dan tahun 2021 menduduki peringkat 2 Liga BLU dengan skor tertinggi pada 5 Indikator Kinerja Utama (IKU) dari 8 IKU yang dinilai.

Selain itu UNY juga meraih penghargaan dari lembaga pemeringkatan dunia seperti UniRank, QS World University Ranking dan UI Green Metric. Dari sisi akreditasi unggul nasional UNY memperoleh peringkat Unggul atau A pada 84 prodi, Baik Sekali dan Baik ada 19 prodi dan sisanya merupakan prodi baru.

“UNY juga meraih akreditasi internasional dari ASIC, AQAS, ASIIN dan AUN-QA bagi beberapa prodi. UNY juga terus berupaya menaikkan kinerja sesuai Standar Nasional (SN) Dikti termasuk upaya untuk mencapai kualitas perguruan tinggi,” jelas Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan UNY Prof. Edi Purwanta dalam webinar yang diselenggarakan Kementerian Keuangan RI secara luring dan daring di Jakarta.

Lebih lanjut Edi Purwanta memaparkan bahwa UNY telah meraih opini WTP selama sepuluh tahun terakhir ini dengan menerapkan prinsip tata pamong kredibel, transparan, akuntabel, tanggungjawab, adil, nirlaba, penjaminan mutu, relevansi, efektivitas dan efisiensi.

“Tahun ini UNY juga meraih penghargaan Badan Publik Informatif kategori PTN dari Komisi Informasi Pusat,” ungkapnya.

Menurutnya, untuk dapat sebagai perguruan tinggi bermutu dan relevan dengan SN Dikti UNY telah melakukan perbaikan pada kualitas kurikulum, kualitas dosen dan kualitas lulusan. Kualitas kurikulum meliputi kelas kolaboratif dan partisipatif, kerjasama dengan mitra berkelas dunia dan prodi berstandar internasional.

Kualitas dosen ditingkatkan dengan berkegiatan di luar kampus dan penggunaan hasil kerja dosen untuk masyarakat dan terekognisi internasional. Sedangkan peningkatan kualitas lulusan adalah dengan membekali mahasiswa dengan pengalaman di luar kampus serta akses pekerjaan yang layak.

Dosen jurusan pendidikan luar biasa FIP UNY tersebut mengatakan UNY juga berperan aktif dalam layanan sosial seperti layanan shelter Covid-19, layanan difabel serta posko bencana Merapi. Dalam bidang pembangunan ekonomi UNY memiliki inkubator bisnis yang menaungi industri kreatif masyarakat.

“Termasuk juga pendampingan UMKM dan mengadakan sejumlah pelatihan,” urainya.

BLU diharapkan melakukan extraordinary action baik dari sisi inovasi product, process, organization, dan marketing. BLU juga harus memiliki perspektif dan meningkatkan kemampuan forward looking dalam mengantisipasi masalah dan tantangan yang akan terjadi. Dengan fleksibilitas yang dimiliki, BLU harus mampu memberikan dampak peningkatan kinerja layanan dan keuangan yang siginifikan.

Pembicara lain dalam webinar tersebut adalah Rektor Universitas Negeri Padang Prof. Ganefri, Rektor Universitas Pattimura Prof. Dr. Marthinus Johannes Saptenno dan Direktur Badan Inovasi dan Inkubator Wirausaha Universitas Brawijaya Malang Dr. Setyono Yudho Tyasmoro. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?
Redaksi Siedoo

Recent Posts

Gelar GenBI Mengajar, GenBI UNNES Sukses Edukasi Anak-anak tentang Cinta Bangga Paham Rupiah

SEMARANG - Komunitas Generasi Baru Indonesia Komisariat Universitas Negeri Semarang (GenBI Komsat UNNES) mengadakan GenBI…

6 jam ago

Inovasi iMagelangKota Sebagai Perpustakaan Digital Kota Magelang

MAGELANG - Perkembangan teknologi kini semakin cepat, terutama adanya pandemi yang semakin mempertegas hal tersebut.…

2 hari ago

SMK Muhammadiyah 1 Borobudur Kenalkan Siswa Dunia Perguruan Tinggi

MAGELANG - Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah 1 Borobudur Magelang Jawa Tengah merupakan sekolah kejuruan…

3 hari ago

SMKN 1 Kota Magelang Alokasikan Siswa PKL di Luar Kota hingga Luar Provinsi

MAGELANG - Pandemi menyebabkan segala hal ikut berubah mengikuti perkembangan zaman yang semakin cepat. Berbeda…

3 hari ago

Luar Biasa! Guru SMK N 1 Kota Magelang Ini Mendapat Promosi Jabatan Kepsek

MAGELANG - Salah satu guru SMK N 1 Kota Magelang, Nanang Nurdiyanto, S.Pd, M.Eng mendapat…

1 minggu ago

Maksimalkan Pemilihan Ketua OSIS, SMP Negeri 4 Kota Magelang Gandeng KPU

MAGELANG - Pandemi menjadi penyebab berbagai hal tak sesuai dengan harapan. Begitu pula yang terjadi…

1 minggu ago