Internasional

ITS Kembali Masuk dalam Pemeringkatan Dunia di THE WUR

SURABAYA – Times Higher Education (THE) World University Rankings (WUR) by Subjects 2022 kembali mengeluarkan daftar perguruan tinggi yang tersebar di berbagai belahan dunia. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Jawa Timur mempertahankan posisinya memasuki pemeringkatan dunia di dalam THE WUR.

Seperti yang diketahui, THE merupakan salah satu lembaga penyedia data kinerja universitas di ranah internasional. Lembaga ini tidaklah hanya bekerja sendiri, namun bekerja sama dengan Quacquarelli Symonds (QS). Dapat disimpulkan bahwa THE merupakan salah satu lembaga yang sangat dipercaya oleh mayoritas universitas maupun institut di seluruh dunia.

“Pemeringkatan subjek yang terkualifikasi ialah Engineering, Computer Science, dan Physical Sciences yang telah dicapai berkat upaya kerja sama setiap departemen dibarengi dengan sinergi dari seluruh sivitas akademika ITS,” kata Manajer Senior Urusan World Class University ITS Rulli Pratiwi Setiawan ST MSc PhD.

Ia mengatakan bahwa masih terdapat lima kriteria penilaian yang ditetapkan oleh WUR 2022. Lima kriteria, yaitu Research (Penelitian), Teaching (Pengajaran), Citations (Sitasi), International Outlook (Pandangan Internasional), dan Industry Income (Pendapatan Industri).

Di dalam THE WUR 2022 ini, Rulli menyebutkan terdapat tiga subjek di ITS yang telah masuk ke dalam pemeringkatan dunia. Subjek tersebut adalah Engineering di peringkat 801-1000 dunia dengan skor total 18,22. Pada kriteria Teaching mendapat skor 17,0; kriteria Research mendapat skor 12,30; kriteria Citations mendapat skor 13,5; kriteria International Outlook mendapat skor 38,1; dan kriteria Industry Income mendapat skor 57,1.

Subjek selanjutnya Physical Sciences pun meraih peringkat 801-1000 dunia dengan total skor 17,89. Pada kriteria Teaching mendapat skor 12,8; kriteria Research mendapat skor 13,2; kriteria Citations mendapat 19,4; kriteria International Outlook mendapat skor 32,8; dan kriteria Industry Income mendapat skor 59,6.

Meskipun saat ini ITS telah mempertahankan posisinya berada di THE WUR by Subjects 2022, jika dilihat secara detail, ITS mengalami penurunan nilai. Khususnya di indikator penilaian sitasi.

Hal ini sangat berpengaruh mengingat bobot kriteria tersebut saat ini mencapai 27,5 persen di bidang Computer Sciences dan Engineering serta 35 persen di bidang Physical Sciences. Dosen Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota ITS tersebut menambahkan rincian subjek Computer Science yang memperoleh peringkat 601-800 di dunia dengan skor total 19,5. Pada kriteria Teaching mendapat skor 11,5; kriteria Research mendapat skor 13,2; kriteria Citations mendapat skor 28,6; kriteria International Outlook mendapat skor 27,7; dan kriteria Industry Income mendapat skor 43,0.

Menurut analisa Rulli, setiap kriteria memiliki bobot nilainya sendiri. Untuk Engineering dan Computer Science, keduanya memiliki bobot yang sama untuk masing-masing indikator yaitu Teaching 30 persen, Research 30 persen, Citations 27,5 persen, International Outlook 27,5 persen, dan Industry Income 5 persen.

Sedangkan untuk Physical Sciences, bobotnya yaitu Teaching 27,5 persen, Research 27,5 persen, Citations 35 persen, International Outlook 7,5 persen, dan Industry Income 2,5 persen. Alumnus doktoral Hiroshima University, Jepang ini menegaskan bahwa masih banyak sitasi-sitasi dari mahasiswa ITS yang belum dipublikasikan.

Ia berpendapat bahwa cara untuk meningkatkan kembali nilai proporsi sitasinya adalah dengan meningkatkan kolaborasi antara mahasiswa dengan co-authors dari perguruan tinggi luar negeri. Rulli juga berharap untuk bisa ditingkatkan kembali sinergi setiap departemen yang ada di ITS. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?
Redaksi Siedoo

Share
Published by
Redaksi Siedoo
Tags: ITS

Recent Posts

Gelar GenBI Mengajar, GenBI UNNES Sukses Edukasi Anak-anak tentang Cinta Bangga Paham Rupiah

SEMARANG - Komunitas Generasi Baru Indonesia Komisariat Universitas Negeri Semarang (GenBI Komsat UNNES) mengadakan GenBI…

8 jam ago

Inovasi iMagelangKota Sebagai Perpustakaan Digital Kota Magelang

MAGELANG - Perkembangan teknologi kini semakin cepat, terutama adanya pandemi yang semakin mempertegas hal tersebut.…

2 hari ago

SMK Muhammadiyah 1 Borobudur Kenalkan Siswa Dunia Perguruan Tinggi

MAGELANG - Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah 1 Borobudur Magelang Jawa Tengah merupakan sekolah kejuruan…

3 hari ago

SMKN 1 Kota Magelang Alokasikan Siswa PKL di Luar Kota hingga Luar Provinsi

MAGELANG - Pandemi menyebabkan segala hal ikut berubah mengikuti perkembangan zaman yang semakin cepat. Berbeda…

3 hari ago

Luar Biasa! Guru SMK N 1 Kota Magelang Ini Mendapat Promosi Jabatan Kepsek

MAGELANG - Salah satu guru SMK N 1 Kota Magelang, Nanang Nurdiyanto, S.Pd, M.Eng mendapat…

1 minggu ago

Maksimalkan Pemilihan Ketua OSIS, SMP Negeri 4 Kota Magelang Gandeng KPU

MAGELANG - Pandemi menjadi penyebab berbagai hal tak sesuai dengan harapan. Begitu pula yang terjadi…

1 minggu ago