Nasional Teknologi

Kontes Robot Tematik Indonesia, Tim Abhinaya Yogyakarta Raih Juara Pertama

Siedoo, Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi menggelar Kontes Robot Indonesia yang diikuti peserta dari berbagai perguruan tinggi. Kontes Robot Indonesia merupakan kegiatan kompetisi rancang bangun dan rekayasa dalam bidang robotika.

KRI memperlombakan enam kategori yaitu Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI), Kontes Robot SAR Indonesia (KRSRI), Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Beroda, Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid, Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI) dan Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI).

Sekolompok mahasiswa dari Yogyakarta Robot ABHINAYA UNY meraih juara pertama dan mendapatkan strategi terbaik dalam Kontes Robot Indonesia (KRI) Wilayah II. Agenda ini diselenggarakan secara daring pada (26-28/9/2021). ABHINAYA berhasil meraih prestasi tersebut pada kategori Kontes Robot Tematik Indonesia.

"Persiapan tim ABHINAYA untuk menghadapi KRI Regional Wilayah II dengan kerjasama antara anggota tim dan strategi permainan dam-daman yang sudah dilakukan pada saat latihan," kata Ketua Tim Nurcholis.

Pada Kontes Robot Tematik Indonesia 2021 memainkan permainan tradisonal Dam-daman dengan mengadopsi teknologi Digital Twin. Permainan antara dua tim yang menggerakkan robot di lapangan fisik untuk memindahkan koin di lapangan digital.

Tema Robo Game – Digital Twin dengan slogan ‘Penguasaan Teknologi, Kemakmuran Negara’ merupakan komponen utama pada Revolusi Industri 4.0.

Pada proses riset robot, dilakukan secara intens dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Pada proses riset melakukan beberapa uji coba dan evaluasi selama beberapa bulan.

“Dan sempat ada kendala karena beberapa anggota terpisah berada di luar kota Yogyakarta dan terpapar Covid 19. Namun komunikasi tetap terjaga dengan pertemuan via online / daring,” bebernya.

Tim ABHINAYA terdiri dari Ketua Tim Nurcholis (Pendidikan Teknik Elektronika) beranggotakan Yuli Dwi Saputri (Pendidikan Teknik Elektro), Afif Aiman Sapura (Pendidikan Teknik Mesin). Anggoro Fajar Dwi Utomo (Pendidikan Teknik Mekatronika), Musyarof Rifai (Pendidikan Teknik Mekatronika), Muhammad Rovi (Teknik Elektro), Ardhi Wiranata (Pendidikan Teknik Elektronika), Musa Beni Ricardo Aruan (Pendidikan Teknik Mekatronika), Yusron Nur Latief (D4 Teknik Elektro), Alfan Fajri Tamyis (Pendidikan Teknik Elektronika), Budi Arjaya Wida (Pendidikan Teknik Mekatronika), Muhammad Iqbal Rasyid (Pendidikan Teknik Mekatronika).

Baca Juga :  Mahasiswa UNY Wujudkan Keluarga Sehat Bebas Narkoba Berbasis Daring

Selain itu, juga Danang Prasetyo (Pendidikan Teknik Mekatronika), Geo Brahma Granito Zain (D4 Teknik Mesin) dan Salsabila Azzahra PSDU (Pendidikan Teknik Mekatronika) dengan pembimbing Prof. Moh. Khairudin.

“Hasil ini semoga menjadi motivasi untuk mempersiapkan ABHINAYA pada KRI Nasional 12 Oktober 2021 agar kembali berprestasi,” kata Moh. Khairudin. (*)

Apa Tanggapan Anda ?