Siedoo.com - Fikes UNIMMA, Jawa Tengah menggelar pelatihan Clinical Instructure bersama RSD Merah Putih Kabupaten Magelang. | Dok UNIMMA
Daerah

Tingkatkan Kualitas Keperawatan, RS Merah Putih Dampingi Mahasiswa UNIMMA

MAGELANG – Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) menjalin kerjasama dengan Rumah Sakit Daerah (RSD) Merah Putih Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) UNIMMA mengadakan Pelatihan Clinical Instructure (CI) RSD Merah Putih Kabupaten Magelang pada 13-14 September 2021 di Aula RSD Merah Putih.

Clinical Instructure sendiri merupakan perawat yang ditunjuk oleh rumah sakit untuk menjadi pembimbing lapangan selama mahasiswa Fikes melakukan praktek di rumah sakit. Oleh karena itu, peningkatan kemampuan CI dalam hal cara pembimbingan dan pendokumentasian asuhan keperawatan sesuai dengan perkembangan ilmu keperawatan.

Dekan Fikes UNIMMA, Dr. Heni Setyowati E.R., S.Kp., M.Kes saat membuka acara menyampaikan ucapan terima kasih. Ia juga berharap kerja sama yang telah terjalin dapat berlanjut secara terus menerus untuk meningkatkan kualitas.

Dengan adanya acara ini, diharapkan semua Clinical Instructure di RSD Merah Putih Kabupaten Magelang dapat berkontribusi dalam memenuhi tuntutan dari masyarakat agar kualitas pelayanan keperawatan semakin tinggi.

“Sebagai Clinical Instructure, di samping nantinya akan mewarnai calon perawat yang akan lulus dari berbagai instansi khususnya dari UNIMMA, Insya Allah akan selalu update keilmuannya,” ujar dia.

Selain pemberian materi dan pelatihan, dilakukan pula pretest dan posttest bagi peserta. Materi yang diberikan terkait tentang konsep pembelajaran mahasiswa keperawatan di klinik dan pendokumentasian keperawatan dengan menggunakan Standar Diagnosis Keperawatan Indonesia (SDKI)/ Standar Intervensi Keperawatan Indonesia (SIKI)/ Standar Luaran Keperawatan Indonesia (SLKI).

Serta dalam kegiatan pelatihan, CI akan diajarkan bagaimana aplikasi model pembelajaran klinik keperawatan langsung ke klien dan cara melakukan pendokumentasian keperawatan. Mulai dari pengkajian, penegakan diagnosa, perumusan rencana keperawatan, penulisan intervensi dan evaluasi keperawatan.

Sementara itu, Siti Darodjah, S.KM, M.Kes, Kabag TU, mewakili Direktur RSD Merah Putih berharap agar kerjasama RSD Merah Putih dengan UNIMMA ke depannya tidak hanya terkait Pelatihan CI. Namun dilanjutkan dengan kerja sama – kerja sama lain.

Baca Juga :  FGD, Akademisi Rumuskan Strategi Advokasi tentang Tembakau

“Semoga kegiatan ini bisa diikuti dengan baik dan dapat mengadopsi ilmu yang diberikan untuk bisa membimbing adik-adik yang magang menjadi tenaga kesehatan yang profesional dan tangguh,” jelasnya. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?