Daerah

Bupati Gagas Program Kampung UNY Blora

Share

YOGYAKARTA - Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Blora, Jawa Tengah untuk membangun daerahnya. Muncul gagasan bahwa kedepan akan bersama - sama untuk mewujudkan tentang Kampung UNY Blora.

“Pak Rektor sangat terbuka, welcome sekali untuk membantu kami. Blora ke depan menjadi lebih maju dari semua sektor, termasuk ide menggagas tentang Kampung UNY Blora," kata Bupati Blora H. Arief Rohman, S.I.P., M.Si. mengawali sambutan pada Penandatanganan Nota Kesepahaman antara UNY dengan Pemerintah Kabupaten Blora, di Ruang Sidang Senat Universitas Negeri Yogyakarta.

Bupati mengatakan, Pekerjaan Rumah (PR) ia adalah kemiskinan, pengangguran, dan PR-PR lainnya harus segera sesarengan membangun Blora ini. Taglinenya sesarengan, tidak bisa bekerja sendiri. Oleh karena itu peran perguruan tinggi sangat penting.

Perguruan tinggi hadir di Blora dalam rangka memajukan Blora untuk tujuan utama. Masyarakat Kabupaten Blora agar lebih baik ke depannya, agar lebih maju ke depannya.

"Nanti kita pilih sekiranya desa (Kampung UNY Blora) yang akan kita jadikan percontohan, sebagai prototype model, kedepannya bisa ditiru oleh desa-desa lainnya,” bebernya.

Dijelaskan bahwa, sesuai dengan tagline dari Universitas Negeri Yogyakarta bahwa Pendidikan Investasi Peradaban, ini se-misi dengan Kabupaten Blora. Bahwasannya Blora ingin investasi ke depan, yang salah satunya adalah pendidikan.

"Anak-anak kita yang punya potensi nanti bisa kuliah di UNY. Kampus yang sangat luar biasa, ke depan kita ingin sinergi dengan UNY,“ pintanya.

Sementara itu, Rektor UNY Prof. Dr. Sumaryanto menyatakan bahwa membangun Blora, UNY fleksibel bersinergi dan akan all out, karena Bupati Blora dan jajarannya all out untuk membangun Kabupaten Blora. Dari nanti Tridharma Perguruan Tinggi akan disumbangkan dan akan didedikasikan untuk bersinergi dengan bupati, supaya Blora lebih hebat.

Skimnya tidak hanya olahraga, tetapi bidang seni, bidang khusus, olahraga dan minat-minat yang lain. Dari skim pengajaran, penelitian, pengabdian masyarakat, BUMDES, UKM," ungkapnya.

Rektor menambahkan, ide bupati untuk membangun Kampung UNY di Blora sangat diapresiasi. "Nanti kolaborasi berbagai bidang untuk memajukan di sana,” jelasnya.

Kegiatan yang menerapkan protokol kesehatan dengan ketat ini, dihadiri hanya beberapa perwakilan, baik dari Universitas Negeri Yogyakarta maupun dari jajaran Kabupaten Blora. Hadir dari UNY para wakil rektor dan beberapa pejabat yang terkait.

Sedangkan dari Kabupaten Blora di samping Wakil Bupati juga didampingi jajaran pimpinan. Kegiatan ini bertujuan membangun diskusi terkait kegiatan kerja sama yang segera direalisasikan dan potensi kerja sama lain yang dapat dikembangkan. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?
Tags: UNY
Adeed. P
Leave a Comment

Recent Posts

Alumni UNILA dan DD Jalankan Program Beasiswa Mahasiswa Biologi FMIPA

LAMPUNG - Dompet Dhuafa Lampung sebagai lembaga zakat dan kemanusiaan, akan membantu mengelolaa zakat, sedekah dan dana kemanusiaannya dari lingkungan…

58 menit yang lalu

Perlu Peninjauan Kembali Jam Belajar Mengajar Guru

SEMARANG - Jam wajib mengajar bagi guru di Indonesia dianggap terlalu lama. Termasuk yang terjadi seperti sekarang, hal ini sangat…

3 jam yang lalu

Rasa Bangga Mahasiswa Universitas Bosowa Ikuti Pertukaran Mahasiswa ke UNIMMA

MAGELANG - Salah satu peserta program pertukaran mahasiswa, Korneles Winuwara mahasiswa asal Universitas Bosowa, Makassar merasa senang dan bangga bisa…

1 hari yang lalu

Menteri Wanti - wanti Rektor Tidak Batasi Mahasiswa Ikuti Kampus Merdeka

SURABAYA - Menteri Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim BA MBA menegaskan bawah jika pendidikan ini butuh…

2 hari yang lalu

Pelatihan Gizi Bencana bagi Tenaga Kesehatan dan Relawan Kebencanaan

BOGOR - Sebanyak 26 peserta mengikuti Pelatihan Gizi Bencana Bagi Tenaga Kesehatan dan Relawan Kebencanaan di Kota Bogor, Jawa Barat.…

2 hari yang lalu

UNIMMA dan UM Gresik Saling Tukar Mahasiswa

MAGELANG - Program pertukaran mahasiswa salah satunya untuk mewujudkan program Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset Teknologi Pendidikan Tinggi yaitu Merdeka Belajar-Kampus…

2 hari yang lalu