Ilustrasi membaca. foto: voa-islam.com

Opini

Minat Baca, Tentukan Kemajuan Bangsa


Siedoo, MINAT membaca masyarakat suatu bangsa, menjadi salah satu penentu kemajuan suatu bangsa. Semangkin tinggi minat baca masyarakat suatu bangsa, semakin maju pula bangsa tersebut.

Hal tersebut ditandaskan Pengurus Karang Taruna Tunas Muda Kreatif Desa Sabaran, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat, Sintong Panjaitan, sebagaimana ditulis Pontianakpost.co.id

Pernyataan tersebut, akan menimbulkan suatu pertanyaan untuk bangsa Indonesia. Bagaimana minat baca masyarakat Indonesia saat ini?

“Memprihatinkan, terbukti dengan fakta-fakta penelitian yang menyebutkan rendahnya minat baca warga Indonesia,” katanya.

Sebuah survei, menyatakan masyarakat Indonesia lebih banyak menonton televisi, mendengarkan radio bermain game daripada membaca buku. Perlu kiranya mengintip bagaimana minat baca masyarakat pada negara maju, Jepang misalnya.

“Budaya membaca bagi mereka adalah bagian dari kehidupan. Bahkan dikisahkan oleh Sajidirman yang pernah menjadi Duta Besar Jepang mengatakan bahwa tidak akan dijumpai orang Jepang melamun dan mengobrol di kereta api bawah tanah,” bebernya.

Ditandaskan, kegiatan mereka jika tidak tidur mereka membaca, dan juga negara maju seperti Jerman, Perancis dan Belanda mewajibkan siswanya harus menamatkan hingga 22-32 judul buku.

“Kita bertanya kepada diri kita sendiri dengan keadaan pendidikan di Indonesia,” tegasnya.

Oleh karena itu, jika bangsa Indonesia ingin maju, perlu adanya upaya untuk meningkatkan minat baca masyarakat. Hal yang dapat lakukan diantaranya motivasi keluarga dan guru.

“Keluarga adalah tempat pertama untuk belajar bagi setiap orang, lingkungan keluarga harus mendukung terutama orang tua harus mencontohkan kegemaran membaca. Guru juga bertanggung jawab dalam menimbulkan minat baca siswa. Selain itu perlu adanya fasilitas yang mendukung seperti perpustakaan,” akunya.

Apa Tanggapan Anda ?