Siedoo.com - Tim Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah berkunjung ke UNY. | foto : Humas UNY
Daerah

Belajar Pelaksanaan Ujian CAT CPNS, Unsoed Sambangi UNY

YOGYAKARTA – Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dipercaya Badan Kepegawaian Daerah (BKD) dari Kabupaten Banyumas, Cilacap, Purbalingga, Kebumen, Banjarnegara dan Rembang, Jawa Tengah untuk menyelenggarakan Computer Assisted Test (CAT) Badan Kepegawaian Negara (BKN) bagi calon PNS di keenam kabupaten tersebut. Kegiatan tersebut dipusatkan di UPT TIK UNY dengan menyediakan 300 unit komputer, pada Januari 2020 lalu.

Total peserta CAT titik lokasi UNY sejumlah 42.280 orang dari enam kabupaten. Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya UNY merealisasikan agenda global berkelanjutan, khususnya pada aspek kemitraan untuk mencapai tujuan.

Keberhasilan UNY ini menarik perhatian Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah. Unsoed melakukan kunjungan ke Universitas Negeri Yogyakarta dalam rangka studi banding tentang pelaksanaan ujian Computer Assited Test (CAT) CASN tahun 2021. Kunjungan dilaksanakan di LPMPP UNY pada Selasa (08/06/2021).

Rombongan Unsoed dipimpin Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Prof. Hibnu Nugroho dibersamai oleh Ketua LPTSI Dr. Oedjijono, Kepala Biro Umum dan Keuangan Agus Nugroho, MM, Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan Krisnhoe Maya Woelandari, MM beserta 6 orang staf.

Kegiatan ini dilaksanakan karena Unsoed ditunjuk oleh BKN untuk melaksanakan uji CAT CPNS bagi wilayah Banjarnegara, Banyumas, Purbalingga, Purwokerto, Cilacap dan Kebumen sebanyak 30.000 orang selama satu bulan.

“Kami ingin mempelajari beberapa hal seperti IT meliputi software atau hardware – nya,” kata Hibnu Nugroho.

Menurut dia, IT merupakan performa sehingga para CPNS mendapatkan pelayanan yang terbaik. Hal Ini merupakan reputasi yang akan dipertaruhkan sehingga perlu belajar, termasuk masalah keuangannya.

“Kegiatan ini harus berlangsung sempurna dan tanpa cacat karena menyangkut masa depan banyak peserta,” kata Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Unsoed tersebut.

Baca Juga :  Inovatif! Mahasiswa UNY Gagas Aplikasi Tiktok untuk Belajar Kimia

Sementara itu, Rektor UNY Prof. Sumaryanto menyambut baik kunjungan ini dan mengatakan bahwa hubungan antara UNY dengan Unsoed telah terjalin sejak tahun 2000an. Itu dalam rangka studi banding pembangunan stadion olahraga.

“Mohon perkenannya karena rombongan dari Unsoed tidak kami terima di Rektorat melainkan di LPMPP agar lebih mudah dalam mengunjungi UPT TIK,” kata Sumaryanto.

Rektor mempersilakan Unsoed untuk belajar bersama karena kemitraan itu harus setara. Dalam kunjungan tersebut Unsoed dan UNY saling bertukar pengalaman dan berdiskusi tentang proses pelaksanaan CAT CPNS dan mempelajari komponen biaya dalam pengajuan kegiatan tersebut. Sekaligus belajar tentang masalah keuangan dan kepegawaian.

Untuk masalah IT kedua belah pihak berdiskusi tentang hardware dan softwarenya karena ujian CAT sangat bergantung pada kedua komponen tersebut. Kegiatan diakhiri dengan kunjungan ke UPT TIK UNY untuk melihat sarana dan prasarana yang digunakan mendukung kegiatan tes CAT. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?