Daerah

Manjakan Pengunjung, Perpustakaan Kota Magelang Bangun Gazebo "Balai Belajar"

KOTA MAGELANG - Pemerintah Kota Magelang, Jawa Tengah melalui Disperpusip (Dinas Perpustakaan dan Kearsipan), tak henti berupaya mendorong minat baca warganya. Salah satunya, yaitu dengan penambahan fasilitas berupa gazebo atau ruang baca luar ruangan, di areal Perpustakaan Umum Kota Magelang, di Jalan Kartini Nomor 4.

Pembangunan gazebo tersebut merupakan bagian dari program "Balai Belajar" yang dicanangkan oleh Pemerintah Kota Magelang, dibawah kepemimpinan Walikota dr. H. Muchammad Nur Aziz, Sp.PD dan Wakil Walikota KH M Mansyur.

Kepala Disperpusip Kota Magelang, Drs. Isa Ashari mengatakan, pemustaka (sebutan bagi pengunjung atau anggota perpustakaan), selain bisa menggunakan gazebo "Balai Belajar" sebagai tempat membaca dengan suasana lebih santai, juga dapat memanfaatkannya sebagai tempat diskusi. Bahkan, pertunjukan seni dalam skala tertentu, juga dapat dilakukan di gazebo berbentuk panggung itu.

"Kalau di dalam gedung perpustakaan, kan tidak boleh bawa makanan atau minuman. Nah, kalau di gazebo boleh sambil bawa snack dan minuman. Asal jangan sampai mengotori apalagi merusak buku," tutur Isa Ashari.

Fasilitas gazebo "Balai Belajar" itu sendiri diresmikan oleh Dokter Aziz dan KH Mansyur, Jumat (28/5/2021). Selain lebih santai dan "silir", pemustaka yang memanfaatkan gazebo tersebut, juga akan lebih bisa menjaga jarak dengan pemustaka lainnya. Sesuai dengan aturan protokol kesehatan selama masa pandemi.

Di dekat gazebo "Balai Belajar", tersedia pula sebuah kantin yang dinamai "Kantin Kejujuran". Dengan fasilitas-fasilitas itu, diharapkan semakin banyak warga Kota Magelang yang tertarik untuk berkunjung dan menjadi anggota perpustakaan. (prokompim/kotamgl)(Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?