Nasional

Khofifah Dorong Siswa Ikuti Beasiswa Semesta

SURABAYA - Saat ini masyarakat sedang menuju industri 4.0. Tentu lulusan bidang teknologi informasi sangat dibutuhkan. Kualifikasi teknologi informasi akan banyak dibutuhkan di dunia kerja, industri akan kian membutuhkan yang ahli di bidang artificial intelligence, mesin otomasi, dan banyak lagi.

"Maka lulusan-lulusan expert di bidang IT harus terus kita hasilkan untuk memenuhi tuntutan jaman," kata Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Ia mengapresiasi adanya program Beasiswa Semesta yang diselenggarakan Komunitas Sevima yang memberikan program beasiswa pendidikan kepada lulusan SMA/SMK sederajat untuk kuliah di bidang IT.

Ia menegaskan bahwa Pemprov Jatim mendukung penuh program Beasiswa Sevima dan mendorong lulusan SMA/SMK di Jawa Timur untuk ikut mendaftar. Sebab kampus yang ditawarkan dalam program ini juga merupakan kampus-kampus favorit yang ada di Surabaya.

Seiring dengan makin pesatnya perkembangan teknologi informasi global, kebutuhan sumber daya manusia yang ahli di bidang IT makin dibutuhkan. Terlebih lagi, Pemerintah Provinsi Jawa Timur telah meluncurkan pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus Singosari Malang yang dicanangkan sebagai “Silicon Valley” Jawa Timur.

Atas terselenggaranya Beasiswa Semesta, Khofifah berharap masyarakat Jawa Timur segera mendaftar. Karena penguasaan di bidang IT akan menjadi bekal yang sangat baik untuk generasi muda Jawa Timur dalam mencari pekerjaan dan berkarya untuk bangsa.

“Saya harap siswa-siswi Jawa Timur bisa berpartisipasi untuk unjuk kebolehan di program beasiswa ini, dan bisa menjadi generasi yang memberikan kontribusi untuk kemajuan bangsa," jelas Khofifah.

Sementara itu, Chief Excecutive Officer SEVIMA Sugianto Halim MMT menjelaskan Beasiswa Semesta merupakan singkatan dari 'Sevima Mencari Siswa Bertalenta'. Program dengan total hadiah Rp 300 juta ditujukan kepada siswa SMA/SMK sederajat bertalenta unggul.

Baca Juga :  Sertifikat HKI PTKI Naik Tajam, Indikator Mutu Meningkat

Calon penerima beasiswa bisa berkesempatan kuliah di kampus favorit di Surabaya dengan bantuan berupa bebas biaya uang semester hingga lulus sarjana (S1). Selain itu, calon penerima beasiswa juga akan diajak bekerja di bidang IT (Information Technology) dan memperoleh gaji bulanan.

Beasiswa ini dapat menjadi wujud peran aktif komunitas pendidikan tinggi dalam membangun SDM unggul di Indonesia. Persyaratan mendaftar Beasiswa Semesta, antara lain adalah Warga Negara Indonesia, telah menyelesaikan pendidikan SMA/SMK/sederajat, maksimal lulusan tahun 2019, tidak terikat beasiswa lainnya, bersedia berdomisili di Surabaya dan berminat di bidang IT.

Tes akan dilakukan secara online dimana calon mahasiswa yang berminat dapat langsung mengisi formulir biodata dan berkas yang dibutuhkan, di maukuliah.id/beasiswa-semesta.

Selanjutnya, peserta yang telah mendaftar, akan menjalani tes berbasis komputer (CBT) dan tes kemampuan koding (hackaton). Semua dilakukan secara online dari rumah masing-masing. Bagi peminat dianjurkan segera mendaftar, karena pendaftaran ditutup pada Jumat 4 Juni 2021.

“Pendaftaran cukup mudah dan bisa langsung dilakukan di website kami, maukuliah.id. Diharapkan peminat segera mendaftar, karena pendaftaran akan ditutup pada Jumat, 4 Juni 2021,” jelas Halim.

Untuk diketahui, Sevima adalah Komunitas Pendidikan Tinggi yang berdiri sejak tahun 2.004 dengan anggota yang tersebar di lebih dari 2.000 kampus se-Indonesia. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?