Nasional

KIP Gandeng Kampus Negeri untuk Keterbukaan Informasi Publik

SURABAYA - Komisi Informasi Pusat (KIP) menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi negeri (PTN) di Indonesia. Kerjasama mereka diwujudkan dengan nota kesepahaman bersama atau Memorandum of Understanding (MoU) yang disepakati, Jumat (30/4/2021). MoU ini dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan dan memperoleh manfaat yang saling menguntungkan antara pihak-pihak terkait.

Selain Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Jawa Timur, turut melibatkan sembilan perguruan tinggi negeri lain di Indonesia. MoU ini akan berfokus pada ruang lingkup yang meliputi pendidikan, penelitian dan pengkajian, serta pengabdian kepada masyarakat.

Ketua KIP Gede Narayana SE MSi menyampaikan, dengan adanya MoU ini diharapkan dukungan terhadap kebijakan keterbukaan informasi publik kepada masyarakat dapat dengan jelas tersampaikan.

“Sinergi antara KIP dan perguruan tinggi negeri akan berlangsung dengan baik dan menunjukkan implementasi konkret,” jelasnya.

Diungkapkan di awal pembahasan, tujuan utama keterlibatan seluruh pihak dalam MoU ini adalah untuk memanfaatkan segala sumber daya yang dimiliki. Hal ini dilakukan guna mendukung pencapaian visi dan misi dari semua pihak dalam pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi dan pelaksanaan Keterbukaan Informasi Publik.

Sementara itu, Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Utama ITS Dr Umi Laili Yuhana SKom MSc menyatakan, MoU ini sebagai payung hukum atas terselenggaranya bentuk-bentuk kerja sama antara pihak PTN dan KIP ke depannya.

“Proses kerja sama akan didasari pada hasil diskusi terkait MoU yang telah disepakati,” terang dosen yang akrab disapa Yuhana ini.

Lebih lanjut, Sekretaris Institut ITS ini juga menambahkan, peran ITS sangatlah besar dalam menyongsong kerja sama ini. Keberadaan PPID sebagai sumber informasi, menunjukkan konsistensi dan komitmen yang diberikan dalam menyebarluaskan informasi kepada seluruh khalayak.

Baca Juga :  Mendikbud : Mahasiswa Miliki Kemerdekaan Mendapatkan Pendidikan

Selain itu, segala bentuk kerja sama akan didasarkan dan diutamakan pada aspek yang mendukung Tridharma Perguruan Tinggi. Detail program dan kegiatan yang akan diusung dalam wujud penerapan MoU bersama ITS ini akan dibahas lebih lanjut dengan mempertimbangkan visi dan misi antara kedua pihak.

Yuhana mengungkapkan, banyak hal yang dapat dikembangkan dalam meningkatkan penyebarluasan informasi. “Proses transparansi informasi akan dilakukan sesuai dengan prinsip Keterbukaan Informasi Publik,” ujar dosen Teknik Informatika ini. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?