Categories: ADVKegiatan

SMP Negeri 8 Kota Magelang Gelar Pelatihan Pembuatan Soal Berbasis Online

Share

MAGELANG - Jelang Penilaian Tengah Semester (PTS), SMP Negeri 8 Kota Magelang, Jawa Tengah menggelar Pelatihan Pembuatan Soal berbasis Online. Pelatihan dilaksanakan selama dua hari, Rabu dan Kamis (10-11/2/2021) di aula SMP Negeri 8 Kota Magelang.

Pelatihan dipandu tim IT yang beranggotakan 4 orang di antaranya Nurul Chayati, S.Pd.I, Meiga Indah Puspita Sari, S.Pd, Kurnia Pramukanthi, S.Pd, Rizki Putri Sekarini, M.Pd. Mereka ini sekurang-kurangnya melatih 40 guru.

"Kami bentuk menjadi dua sesi mengingat kita harus mematuhi protokol kesehatan di masa pandemi. Jadi dibagi dua sesi agar bisa menjaga jarak dan tidak membuat kerumunan. Kalau isi substansinya sama," ujar Hendri Hendarto, Waka Kurikulum SMP Negeri 8 Kota Magelang.

Dijelaskan bahwa, materi pelatihan berkisar tentang panduan membuat soal dengan menggunakan aplikasi Quil Go. Di dalamnya para guru dibekali teknis pembuatan sampai penilaian PTS.

Aplikasi Quil Go dipilih sebagai media PTS online karena dinilai lebih memudahkan guru untuk mengontrol siswa agar tidak terjadi kecurangan ketika melaksanakan PTS.

"Selain kita bisa mengontrol, kita juga bisa tau siswa yang sudah mulai mengerjakan dan kita bisa lihat siapa yang tidak fokus dan membuka aplikasi lain. Jadi diharapkan lebih aman dalam mengontrol kecurangan," jelas Nurul Chayati, S.Pd.I, Tim IT SMP Negeri 8 Kota Magelang.

Ditambahkan bahwa, kelebihan menggunakan media online juga memudahkan guru dalam rekap nilai. Karena hasil penilaian bisa direkap langsung setelah selesai dilaksanakan PTS.

Hendri mengaku pada Penilain Akhir Semester (PAS) lalu, SMP Negeri 8 Kota Magelang telah menerapkan ujian dengan media online Quil Go. Menurutnya dengan menggunakan Quil Go penilaian menjadi lebih efektif. Sayangnya, pada semester lalu belum semua guru mampu mengoperasikan Quil Go.

"Maka diselenggarakan pelatihan supaya semua guru mampu mengoperasikan aplikasi tersebut," jelasnya.

Untuk diketahui, PTS akan dilaksanakan pada awal Maret nanti. Hendri berharap pelatihan ini dapat menjadi bekal para guru agar mampu memberikan fasilitas yang baik pada murid selama pembelajaran daring. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?
Vivin Choerotunnisa
Leave a Comment

Recent Posts

Memahami Buku dan Minat Baca Anak di Hari Buku Dunia

Siedoo, Mungkin banyak diantara kita yang belum mengetahui bahwa setiap tanggal 23 April telah dicanangkan sebagai hari Buku Sedunia (Internasional).…

7 jam yang lalu

Restu Orang Tua, Antarkan Azzam Jalani Pendidikan di Turki

Siedoo, Berprestasi bukanlah perkara mudah. Butuh stimulus secara berkala agar mau bergerak, jam terbang berpengaruh dan penguatan mental. Selain itu,…

12 jam yang lalu

Perguruan Tinggi Bantu Kemensos Tanggulangi Bencana Alam

SURABAYA - Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Jawa Timur Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng menyatakan jika ITS…

1 hari yang lalu

Pentingnya Asupan Pendidikan Gempa bagi Anak Korban Bencana

MALANG – Anak - anak korban bencana gempa berkumpul di ruang terbuka secara bersama-sama di Desa Wirotaman, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten…

1 hari yang lalu

Media Online, Sarana Tepat untuk Memublikasikan Budaya Lokal Kota Magelang

KOTA MAGELANG, Jawa Tengah memiliki beragam kekayaan budaya lokal. Mulai dari tradisi, kesenian, bangunan bersejarah, sampai yang berupa kerajinan tangan…

2 hari yang lalu

Hasil Survei, Minat Masyarakat terhadap Pendidikan Vokasi Cukup Tinggi

JAKARTA - Dunia pendidikan terus mengalami evolusi seiring dengan tuntutan perkembangan zaman. Saat ini, pendidikan di Indonesia telah diarahkan untuk…

2 hari yang lalu