Siedoo.com - Jadwal pendaftaran dan pengumuman seleksi masuk Universitas Tidar Magelang, Jawa Tengah 2021. | Foto: Dok. Untidar
ADV Daerah

Catat! Ini Jadwal Seleksi Mandiri Untidar 2021

MAGELANG – Universitas Tidar (Untidar) Magelang, Jawa Tengah merilis jadwal pelaksanaan seleksi mandiri 2021. Seleksi mandiri ini terbagi menjadi dua kategori, yaitu SMJP (Seleksi Mandiri Jalur Prestasi) dan SMUT atau Seleksi Mandiri Ujian Tulis.

Untuk SMJP, pendaftaran akan dibuka mulai tanggal 7 sampai 23 Juni 2021. Hasilnya, bakal diumumkan pada 8 Juli 2021.

Sedangkan calon mahasiswa yang menginginkan ikut seleksi melalui SMUT, yang bersangkutan sudah bisa mendaftar sejak 7 Juni hingga 9 Juli 2021. Pengumuman akan dilaksanakan pada 22 Juli 2021.

Setiap lulusan SMA/MA/SMK tahun 2019, 2020 dan 2021 dapat mendaftar di jalur SMJP. Syaratnya, memiliki prestasi di tingkat nasional dan internasional, dibuktikan dengan piagam yang diperoleh. Untuk calon mahasiswa yang mampu menghapal Al-Qur’an 30 juz, juga dapat mengikuti seleksi lewat jalur ini.

Persyaratan lain yang harus dipenuhi masing-masing calon peserta SMJP, yaitu: menyiapkan surat rekomendasi dari sekolah asal, serta menyediakan uang pendaftaran sebesar Rp 250 ribu.

Sementara, calon mahasiswa jalur SMUT dapat melakukan pendaftaran melalui laman: smut.untidar.ac.id. Syaratnya, menyediakan uang pendaftaran sebesar Rp. 250 ribu untuk program-program studi Saintek (Sains dan Teknologi) maupun Soshum (Sosial Humaniora), atau sebesar Rp. 300 ribu jika memilih program-program studi campuran.

Pelaksanaan ujian SMUT akan dilaksanakan menggunakan smartphone berbasis Android dan Apple. Untuk Android, menggunakan browser Chrome minimal OS Lollipop, sedangkan bagi pengguna Apple, browser Safari minimal IOS 12.

Materi yang bakal diujikan dalam SMUT adalah Tes Potensi Skolastik. Melalui tes ini, para peserta akan diuji dalam hal kemampuan penalaran umum, kemampuan kuantitatif, pengetahuan dan pemahaman umum, serta kemampuan memahami bacaan dan menulis, berikut materi lainnya sesuai kelompok.

Baca Juga :  Tridharma Perguruan Tinggi : Belajar dari Sosok Eny Boedi Orbawati (1)

Khusus program studi S1, kuota jalur seleksi mandiri Untidar 2021 adalah 30 persen dari total daya tampung 3.010 mahasiswa baru. Untuk informasi lebih lanjut, para calon peserta dapat mengakses laman um.untidar.ac.id. Atau, mengajukan pertanyaan melalui help desk WA 0812 1541 1201, atau e-mail humas@untidar.ac.id. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?