Categories: ADVKegiatan

IPM SMK Muhammadiyah 1 Borobudur Manfaatkan Tik Tok untuk Ekspresi Positif

Share

MAGELANG – Sejak munculnya aplikasi Tik Tok, dunia maya dipenuhi dengan berbagai konten kreatif yang memanfaatkan aplikasi unik tersebut. Tidak hanya digandrungi kaum muda namun mulai anak-anak hingga orang tua. Namun seperti juga aplikasi lainnya, para pengguna juga harus pandai-pandai menggunakan secara bijak, agar mampu menghibur dan menginspirasi.

Seperti dilakukan para pelajar SMK Muhammadiyah 1 Borobudur Kabupaten Magelang Jawa Tengah beberapa waktu lalu. Yaitu dalam kegiatan Class Meeting Online Tahun 2020 yang berlangsung tanggal 12-15 Desember 2020. Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) SMK itu.

Ketua Kegiatan, Alfiyanti menjelaskan Class Meeting Online ini bertujuan untuk memotivasi dan mengajak para pelajar tetap dapat menyalurkan minat dan bakat siswa. Juga agar siswa bisa terus berkarya walapun di masa pandemi Covid-19, dan memanfaatkan media sosial sebaik mungkin.

“Selain itu, juga untuk menunjukkan bahwa Tik Tok bisa digunakan sebagai sarana untuk mengembangkan ekspresi diri dengan cara yang positif, bagus, dan menarik,” kata siswi Kelas XI Jurusan Tata Busana ini.

Disampaikan Alfiyanti, lomba dengan aplikasi Tik Tok ini terbagi atas 4 (empat) kategori. Yaitu Tik Tok dengan Gerakan Wajib (perwakilan kelas), Tik Tok bertema rindu sekolah, Tik Tok dengan tema Corona, serta Like terbanyak.

“Untuk peserta kami wajibkan memenuhi syarat seperti berpakaian sopan dan islami, gerakan-gerakan atau penampilan tidak vulgar, tidak mengandung unsur SARA dan pornografi. Pelaksanaanya juga tetap mengedepankan protokol kesehatan,” ujarnya.

Ketua IPM SMK Muhammadiyah 1 Borobudur, Pingky Jihan Saputri, menyerahkan hadiah lomba Tik Tok. | foto: Narwan Siedoo

Hasil lomba dalam Class Meeting Online tersebut yaitu Juara Tik Tok Wajib diraih Kelas XII AKL 2, Juara Tik Tok Rindu Sekolah    Kelas XII OTKP 2. Sementara Juara Tik Tok Corona dimenangkan Kelas XII AKL 1, dan Like terbanyak diraih Kelas XI TB. Untuk seluruh video hasil lomba bisa dilihat di akun Tik Tok IPM: @ipmmuhibor, dan IG SMK: smkmuh.1borobudur.

Penyerahan hadiah dilakukan oleh Kepala SMK Muhammadiyah 1 Borobudur, Munif Hanafi, S.S., Rabu 3 Februari 2021. Dalam sambutannya, Munif Hanafi menyampaikan di masa pandemi ini siswa vakum dalam kegiatan di sekolah. Pembelajaran daring membuat siswa sedikit merasa bosan. Jadi kegiatan ini sangat bagus untuk mengurangi kepenatan belajar daring di rumah.

“Juga dapat dimanfaatkan siswa-siswi dalam mengekspresikan diri secara kreatif dan positif di media sosial di masa pandemi ini,” katanya, Rabu (3/2/2021).

Salah satu peserta lomba, Destiani Aliffia Kelas XI TKJ menyatakan senang berpartisipasi dalam lomba Tik Tok yang diadakan sekolahnya. Menurutnya, karena melalui lomba itu dapat menunjukan bakat yang dimiliki setiap siswa.

“Lomba Tik Tok ini juga bermanfaat untuk siswa sebagai selingan agar tidak bosan dalam pembelajaran online,” ungkapnya. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?
Narwan Sastra Kelana
Leave a Comment

Recent Posts

Memahami Buku dan Minat Baca Anak di Hari Buku Dunia

Siedoo, Mungkin banyak diantara kita yang belum mengetahui bahwa setiap tanggal 23 April telah dicanangkan sebagai hari Buku Sedunia (Internasional).…

5 jam yang lalu

Restu Orang Tua, Antarkan Azzam Jalani Pendidikan di Turki

Siedoo, Berprestasi bukanlah perkara mudah. Butuh stimulus secara berkala agar mau bergerak, jam terbang berpengaruh dan penguatan mental. Selain itu,…

10 jam yang lalu

Perguruan Tinggi Bantu Kemensos Tanggulangi Bencana Alam

SURABAYA - Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Jawa Timur Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng menyatakan jika ITS…

1 hari yang lalu

Pentingnya Asupan Pendidikan Gempa bagi Anak Korban Bencana

MALANG – Anak - anak korban bencana gempa berkumpul di ruang terbuka secara bersama-sama di Desa Wirotaman, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten…

1 hari yang lalu

Media Online, Sarana Tepat untuk Memublikasikan Budaya Lokal Kota Magelang

KOTA MAGELANG, Jawa Tengah memiliki beragam kekayaan budaya lokal. Mulai dari tradisi, kesenian, bangunan bersejarah, sampai yang berupa kerajinan tangan…

1 hari yang lalu

Hasil Survei, Minat Masyarakat terhadap Pendidikan Vokasi Cukup Tinggi

JAKARTA - Dunia pendidikan terus mengalami evolusi seiring dengan tuntutan perkembangan zaman. Saat ini, pendidikan di Indonesia telah diarahkan untuk…

2 hari yang lalu