Categories: ADVFeatured

Perjalanan Untidar : Lima Besar Saintek Terketat (3 - Selesai)

Share

MAGELANG - Universitas Tidar (Untidar) Magelang, Jawa Tengah saat ini memiliki lima fakultas, 17 program studi S1, dua program D3 serta satu program studi pascasarjana. Jumlah peminat keseluruhan program studi tersebut fluktuatif dari tahun ke tahun.

Dalam kurun waktu lima tahun terakhir, berdasarkan grafik yang tertera di laman resmi Untidar, jumlah peminat tertinggi seleksi masuk Untidar ada di tahun 2019. Yaitu, sebanyak 23.033 peminat.

Jumlah peminat adalah penjumlahan dari program studi pilihan pertama dan kedua. Bagi setiap peserta seleksi masuk Untidar, memang diberikan peluang untuk memilih dua program studi, yakni saintek (sains dan teknologi) maupun sosial humaniora.

Di tahun 2019 pula, Untidar masuk dalam lima besar perguruan tinggi negeri di seluruh Indonesia, dalam hal tingkat persaingan atau seleksi masuk program-program studi saintek. Tingkat persaingan di kelompok saintek saat itu adalah 1:15.

"Jumlah peminat kelompok saintek di Universitas Tidar Magelang mencapai 7.230, sementara yang diterima 469. Sangat ketat persaingannya," demikian disampaikan oleh Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Mohamad Nasir, dalam konferensi pers SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) 2019 di Jakarta.

Prestasi tersebut selaras dengan visi Untidar, yakni menjadikan perguruan tinggi ini sebagai universitas berbasis riset dalam mengembangkan ilmu pengetahuan, seni dan kewirausahaan.

Apalagi, dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir, sejumlah mahasiswa juga sukses memboyong penghargaan di berbagai ajang kompetisi saintek, sosial humaniora dan seni. Baik di tingkat nasional, maupun internasional.

Untidar, sejak beberapa tahun ini, juga sedang berproses untuk mewujudkan rencana penambahan fakultas, dari lima menjadi 11 fakultas. Lokasi fakultas-fakultas ini nantinya akan tersebar di beberapa daerah.

Fakultas Kedokteran Gigi dan Fakultas Kesehatan Masyarakat dibangun di kawasan Mertoyudan. Adapun kampus Tuguran, untuk Fakultas Teknik dan Ekonomi.

Di Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, didirikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, serta Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Di Wonosobo, Untidar bakal menempatkan Fakultas Peternakan dan Fakultas Teknologi Pertanian. Sedangkan kampus Temanggung, untuk Fakultas Hukum dan Fakultas Teknologi Informasi. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?
Tags: untidar
Sahrudin
Leave a Comment

Recent Posts

Memahami Buku dan Minat Baca Anak di Hari Buku Dunia

Siedoo, Mungkin banyak diantara kita yang belum mengetahui bahwa setiap tanggal 23 April telah dicanangkan sebagai hari Buku Sedunia (Internasional).…

7 jam yang lalu

Restu Orang Tua, Antarkan Azzam Jalani Pendidikan di Turki

Siedoo, Berprestasi bukanlah perkara mudah. Butuh stimulus secara berkala agar mau bergerak, jam terbang berpengaruh dan penguatan mental. Selain itu,…

11 jam yang lalu

Perguruan Tinggi Bantu Kemensos Tanggulangi Bencana Alam

SURABAYA - Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Jawa Timur Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng menyatakan jika ITS…

1 hari yang lalu

Pentingnya Asupan Pendidikan Gempa bagi Anak Korban Bencana

MALANG – Anak - anak korban bencana gempa berkumpul di ruang terbuka secara bersama-sama di Desa Wirotaman, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten…

1 hari yang lalu

Media Online, Sarana Tepat untuk Memublikasikan Budaya Lokal Kota Magelang

KOTA MAGELANG, Jawa Tengah memiliki beragam kekayaan budaya lokal. Mulai dari tradisi, kesenian, bangunan bersejarah, sampai yang berupa kerajinan tangan…

2 hari yang lalu

Hasil Survei, Minat Masyarakat terhadap Pendidikan Vokasi Cukup Tinggi

JAKARTA - Dunia pendidikan terus mengalami evolusi seiring dengan tuntutan perkembangan zaman. Saat ini, pendidikan di Indonesia telah diarahkan untuk…

2 hari yang lalu