Categories: Daerah

Jadikan Pembeda Lulusan UNIMMA

Share

MAGELANG - Saat ini sudah waktunya Al Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK) bukan hanya sekadar menjadi ciri khas Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (PTMA) di Indonesia. Tetapi lebih dari itu, AIK harus bisa menjadi asas dan jiwa pendidikan Muhammadiyah.

“Dalam konteks inilah pentingnya rumusan sistem pendidikan Muhammadiyah yang menempatkan AIK sebagai jiwa atau ruh pendidikan Muhammadiyah,” kata Rektor Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) Jawa Tengah, Dr. Suliswiyadi M.Ag.

Ia menyampaikan itu saat workshop AIK dengan tema “AIK Sebagai Ruh Kehidupan Kampus”. Lebih lanjut, Rektor menambahkan jika diperlukan gagasan Reformulasi Gerakan AIK-isasi UNIMMA.

“Di kampus UNIMMA sendiri misalnya, bisa dengan mendesain AIK secara kurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler serta setting Hidden Curriculum menuju standar kampus Islami,” tambahnya.

Untuk diketahui, Al Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK) merupakan salah satu ciri khas yang dimiliki oleh seluruh Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (PTMA) di Indonesia. Melalui Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Studi Islam (LP2SI), Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) mengadakan workshop AIK dengan tema itu selama dua hari.

Workshop yang dilakukan melalui ruang temu virtual tersebut dihadiri oleh Rektor dan jajarannya, Badan Pembina Harian (BPH), Kepala Program Studi (Kaprodi) dan Dosen pengampu mata kuliah AIK.

Sementara itu, Drs. H. Sugiyono, M.Si, Ketua BPH UNIMMA mengapresiasi kegiatan workshop karena hal tersebut merupakan bentuk keseriusan pimpinan untuk mendukung mata kuliah AIK.

“Urgensi pengembangan kurikulum AIK diharapkan dengan mata kuliah tersebut, lulusan UNIMMA mempunyai pembeda dari lulusan perguruan tinggi lain. Bedanya ada di watak, perilaku, kepribadian dan jiwa semangatnya yang berlandaskan Islam dan Muhammadiyah,” ujar Sugiyono.

Acara dilanjutkan dengan diskusi terkait desain kurikulum AIK yang akan dipakai mulai semester genap tahun ajaran 2020/2021. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?
Tags: UNIMMA
Adeed. P
Leave a Comment

Recent Posts

Memahami Buku dan Minat Baca Anak di Hari Buku Dunia

Siedoo, Mungkin banyak diantara kita yang belum mengetahui bahwa setiap tanggal 23 April telah dicanangkan sebagai hari Buku Sedunia (Internasional).…

5 jam yang lalu

Restu Orang Tua, Antarkan Azzam Jalani Pendidikan di Turki

Siedoo, Berprestasi bukanlah perkara mudah. Butuh stimulus secara berkala agar mau bergerak, jam terbang berpengaruh dan penguatan mental. Selain itu,…

10 jam yang lalu

Perguruan Tinggi Bantu Kemensos Tanggulangi Bencana Alam

SURABAYA - Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Jawa Timur Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng menyatakan jika ITS…

1 hari yang lalu

Pentingnya Asupan Pendidikan Gempa bagi Anak Korban Bencana

MALANG – Anak - anak korban bencana gempa berkumpul di ruang terbuka secara bersama-sama di Desa Wirotaman, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten…

1 hari yang lalu

Media Online, Sarana Tepat untuk Memublikasikan Budaya Lokal Kota Magelang

KOTA MAGELANG, Jawa Tengah memiliki beragam kekayaan budaya lokal. Mulai dari tradisi, kesenian, bangunan bersejarah, sampai yang berupa kerajinan tangan…

1 hari yang lalu

Hasil Survei, Minat Masyarakat terhadap Pendidikan Vokasi Cukup Tinggi

JAKARTA - Dunia pendidikan terus mengalami evolusi seiring dengan tuntutan perkembangan zaman. Saat ini, pendidikan di Indonesia telah diarahkan untuk…

2 hari yang lalu