Categories: ADV

Belum Paham tentang Saham? Tengok Galeri Bursa Efek Untidar

Share

Siedoo, SAHAM itu apa? Apa keuntungan menanam saham atau menabung saham? Apa saja risikonya? Bagaimana cara berbisnis saham? Apa itu pasar modal? Sama atau tidak dengan bursa efek?

Jawaban atas berbagai pertanyaan mendasar semacam itu, sebenarnya bisa saja diperoleh melalui smartphone. Tapi kalau kita ingin mendapat jawaban langsung dari ahlinya, caranya pun mudah.

Di Kota Magelang, Jawa Tengah sekarang sudah hadir yang namanya Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia Fakultas Ekonomi Universitas Tidar, atau yang disingkat GI BEI FE Untidar. Kantor galeri investasi ini berada di Gedung A FE Untidar.

"Pertama yang ada di daerah eks-karesidenan Kedu," tutur Yacobo Sijabat, Direktur GI BEI FE Untidar.

Galeri investasi tersebut, juga menjadi salah satu diantara 500 galeri investasi yang tersebar di berbagai universitas di seluruh Indonesia. Yacobo menjelaskan, GI BEI FE Untidar memperkenalkan dan meningkatkan literasi mengenai dunia pasar modal sejak dini kepada akademisi serta masyarakat umum.

"Sehingga diharapkan, penyebaran informasi pasar modal efektif dan tepat sasaran," terang pria yang juga dosen FE Untidar ini.

Faktanya, kendati sebenarnya sudah ada sejak jaman kolonial Belanda, banyak orang yang hingga kini masih awam dengan pasar modal atau bursa efek. Mau tahu lebih lanjut, berikut seluk-beluk di dalamnya.

Sementara bagi kalangan yang sudah memiliki pengetahuan memadai tentang stock exchange, Galeri Investasi FE Untidar merupakan tempat yang tepat untuk langsung ikut merasakan atau melakukan investasi dengan instrumen saham.

"Kami melayani dan membantu masyarakat untuk berinvestasi," imbuh Yacobo.

Lebih lanjut ia jelaskan, GI BEI FE Untidar didirikan melalui kerjasama dengan Phillip Securitas Indonesia. Perusahaan sekuritas ini sudah terkenal dan terjamin track record-nya di pasar modal nasional.

Dikutip dari laman resminya, Phillip Securitas Indonesia merupakan anak perusahaan PhillipCapital, salah satu grup keuangan terbesar di Asia. Ia telah membuka galeri investasi di 20 perguruan tinggi di Tanah Air.

"Jadi jangan khawatir dan takut. Berinvestasi melalui Galeri Investasi BEI FE Untidar sangat aman," tegasnya.

Galeri investasi ini buka setiap Senin sampai Jumat, mulai pukul 09.00 hingga pukul 15.00. Namun perlu diingat, calon investor yang datang ke sana, tetap harus menjaga protokol kesehatan. Mengingat, saat ini masih dalam masa pandemi.

Atau agar lebih nyaman, kita bisa terlebih dulu berkabar dengan pengelola GI BEI FE Untidar di nomor 0895 3938 55447, atau melalui surat elektronik galeriinvestasi.fe@untidar.ac.id

Sebagai informasi, Galeri Investasi BEI FE Untidar diresmikan pada 20 November 2020 secara virtual. Acara peresmian berlanjut dengan Seminar Pasar Modal Digital bertema "Cerdas Investasi Saham di Era Pandemi", dan diikuti sebanyak 200 peserta.

Selain Rektor Untidar Prof. Dr. Ir. Mukh. Arifin, M.Sc., turut dalam peresmian sekaligus seminar tersebut, antara lain: Dekan Fakultas Ekonomi Prof. Dr. Hadi Sasana, SE., M.Si., Zainal Falah (Head of POEMS Syariah PT Philip Securitas Indonesia), Direktur Pengembangan PT BEI Hasan Fauzi, serta Indra Yuheri, Direktur Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan Otoritas Jasa Keuangan Regional 3 Wilayah Jateng-DIY. (*)

Apa Tanggapan Anda ?
Tags: untidar
Sahrudin
Leave a Comment

Recent Posts

Tax Center Untidar Dampingi Pelaporan e-Filling SPT Tahunan

MAGELANG - Bertempat di lobi Gedung Fakultas Ekonomi, Tax Center Universitas Tidar (Untidar) Magelang, Jawa Tengah, belum lama ini melakukan…

39 detik yang lalu

Lulusan Sarjana Terapan Diharapkan Mampu Menjawab Kebutuhan Industri

JAKARTA - Program penguatan pendidikan jenjang sarjana terapan (D4) memfasilitasi peserta didik untuk tidak hanya terampil di bidang yang dipelajari.…

5 jam yang lalu

Santri YouTuber Upaya untuk Membranding Pesantren

CILEGON - Institut Kemandirian Dompet Dhuafa berkolaborasi dengan Yayasan Mengetuk Pintu Langit memberikan Pelatihan Digital Marketing Berbasis Kanal YouTube Bagi…

21 jam yang lalu

Asyik! Ada Kuota Internet Gratis Lagi, Ini Dia yang Berhak Mendapatkannya

JAKARTA - Adalagi bantuan kuota internet dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) di tahun 2021 ini. Mereka yang sudah menerima…

1 hari yang lalu

Jemima, Berkaryalah Hingga Mendunia

Siedoo, Namanya adalah Maylavli Jemima Zahabiya, salah satu siswa 11 Sekolah Cikal Cilandak, Jakarta Selatan, Jakarta. Di tengah suasana Pandemi…

1 hari yang lalu

Uji Kemahiran Menembak Taruna Akmil

MAGELANG - Sebanyak 296 Taruna Akademi Militer (Akmil) Magelang, Jawa Tengah melaksanakan kegiatan menembak di lapangan tembak Sarsanto Plempungan, Salaman,…

1 hari yang lalu