Categories: DaerahKegiatan

Dukung Gerakan Literasi, PAUD Kabupaten Magelang Difasilitasi Mobil Pintar

Share

MAGELANG - Untuk mendukung gerakan literasi dan membangun budaya sejak usia dini, PAUD Intitute memberikan secara pinjam pakai Mobil Pintar kepada PAUD di Kabupaten Magelang. Fasilitas Mobil Pintar ini diterima langsung oleh, Bupati Magelang, Zaenal Arifin yang didampingi Bunda Paud Kabupaten Magelang, Christanti Handayani. Serah terima bantuan tersebut dilakukan di Rumah Dinas Bupati Magelang, Kamis (17/12/2020).

Direktur PAUD Institute, Dhanang Sasongko mengatakan, Mobil Pintar tersebut berjumlah 18 unit yang tersebar di seluruh Indonesia. Di antaranya di Sabang 1 unit dan di Merauke 1 unit. Sementara di Jawa Tengah diberikan kepada Kabupaten Magelang, dengan tujuan untuk mendukung gerakan literasi dan membangun budaya sejak usia dini.

Dhanang menilai, kepadatan dan keaktifan rekan-rekan PAUD di Kabupaten Magelang patut untuk diapresiasi, bahkan juga sangat aktif di berbagai kegiatan tingkat nasional. Dhanang menyampaikan bahwa dalam waktu dekat pihaknya akan mengadakan seminar nasional PAUD. Seminar itu mengangkat tema tentang adaptasi kebiasaan baru dalam proses pembelajaran PAUD.

"Tentu ini akan sangat dibutuhkan bagi guru-guru PAUD dan orang tua dengan kondisi pandemi seperti sekarang ini. Untuk tema yang kedua tentang menumbuhkan akhlak dan karakter," kata Dhanang.

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang, Drs. Ahmad Husein, M.M. menyampaikan bantuan Mobil Pintar tersebut merupakan sarana yang bisa dimanfaatkan dengan maksimal. Yaitu oleh seluruh lembaga PAUD di Kabupaten Magelang secara bergantian.

Pada kesempatan itu, Husein sempat melihat kondisi mobil serta isinya. Ternyata juga bisa digunakan oleh siswa SD dan SMP karena isinya menyeluruh tidak hanya untuk anak PAUD saja.

“Selain itu nanti juga akan dilakukan pembahasan kerjasama dengan PAUD Institute terkait untuk membuat pojok literasi di 10 titik di Kabupaten Magelang,” ungkap Husein.

Sementara, Bupati Magelang, Zaenal Arifin sangat mengapresiasi atas bantuan yang telah diberikan oleh PAUD Institute, baik secara fasilitas maupun support dalam setiap kegiatan PAUD. Menurutnya, PAUD sangat memiliki peran penting bagi generasi emas di masa yang akan datang.

"Pendidikan karakter, akhlak, sampai pendidikan secara rohani harus diberikan kepada anak sejak usia dini. Literasi dan membangun budaya sejak usia dini harus ditanamkan dengan baik kepada generasi penerus bangsa," tuturnya.

Zaenal menambahkan, untuk menumbuhkan budaya literasi Pemerintah Kabupaten Magelang juga telah berupaya maksimal dengan membangun Perpustakaan Daerah di Muntilan. Dengan fasilitas sarana dan prasarana yang sudah diakui di tingkat nasional.

Dikatakan Zaenal, gedung perpustakaan daerah bahkan lebih megah dari pada Gedung Dinas Pendidikan dan Kebudayaan sendiri.

“Bahkan Perpusda kami juga sudah mendapatkan penghargaan tertinggi dari Perpusnas RI. Selain itu perpustakaan kami di desa-desa juga sudah mendapatkan penghargaan dari Perpusnas RI beberapa waktu lalu," beber Bupati Zaenal Arifin. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?
Narwan Sastra Kelana
Leave a Comment

Recent Posts

Tax Center Untidar Dampingi Pelaporan e-Filling SPT Tahunan

MAGELANG - Bertempat di lobi Gedung Fakultas Ekonomi, Tax Center Universitas Tidar (Untidar) Magelang, Jawa Tengah, belum lama ini melakukan…

30 menit yang lalu

Lulusan Sarjana Terapan Diharapkan Mampu Menjawab Kebutuhan Industri

JAKARTA - Program penguatan pendidikan jenjang sarjana terapan (D4) memfasilitasi peserta didik untuk tidak hanya terampil di bidang yang dipelajari.…

5 jam yang lalu

Santri YouTuber Upaya untuk Membranding Pesantren

CILEGON - Institut Kemandirian Dompet Dhuafa berkolaborasi dengan Yayasan Mengetuk Pintu Langit memberikan Pelatihan Digital Marketing Berbasis Kanal YouTube Bagi…

21 jam yang lalu

Asyik! Ada Kuota Internet Gratis Lagi, Ini Dia yang Berhak Mendapatkannya

JAKARTA - Adalagi bantuan kuota internet dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) di tahun 2021 ini. Mereka yang sudah menerima…

1 hari yang lalu

Jemima, Berkaryalah Hingga Mendunia

Siedoo, Namanya adalah Maylavli Jemima Zahabiya, salah satu siswa 11 Sekolah Cikal Cilandak, Jakarta Selatan, Jakarta. Di tengah suasana Pandemi…

1 hari yang lalu

Uji Kemahiran Menembak Taruna Akmil

MAGELANG - Sebanyak 296 Taruna Akademi Militer (Akmil) Magelang, Jawa Tengah melaksanakan kegiatan menembak di lapangan tembak Sarsanto Plempungan, Salaman,…

1 hari yang lalu