Categories: DaerahKegiatan

Diresmikan, Program Pembelajaran Lewat Radio Gemilang FM Kabupaten Magelang

Share

MAGELANG – Di masa pandemi Covid-19 ini pembelajaran dilakukan secara daring atau online, dengan istilah Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Saat mendampingi anak membutuhkan kesabaran dan ketelatenan, terlebih untuk anak-anak Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Para ibu utamanya diharapkan lebih bersabar dalam mengarahkan dan membimbing anak-anaknya dalam melakukan kegiatan belajar dari rumah.

Demikian disampaikan oleh Bunda PAUD Kabupaten Magelang, Christanti Zaenal Arifin, Senin (5/10/2020). Tanti Zaenal Arifin meminta kepada para guru PAUD untuk berinovasi dalam PJJ.

“Untuk pembelajaran bagi siswa PAUD, para guru hendaknya lebih kreatif agar para siswa tidak bosan,” pintanya.

Selama pandemi Covid-19 kegiatan belajar mengajar dilaksanakan secara jarak jauh. Di Kabupaten Magelang, pembelajaran melalui siaran Radio Gemilang 96,8 FM, untuk siswa PAUD, SD, dan SMP.

Pembelajaran untuk siswa PAUD dan SD dilaksanakan pada pagi hari, yaitu jam 07.00-08.00 WIB. Sedangkan pembelajaran untuk siswa SMP siang hari pukul 11.00-12.00 WIB, dari Senin sampai Sabtu.

“Para orang tua, guru, serta murid hendaknya bisa meningkatkan komunikasi dengan baik,” pesannya.

Sementara itu, Bupati Magelang Zaenal Arifin, S.I.P. menyatakan, dalam situasi darurat pendidikan harus tetap berlangsung dengan akses dan layanan pendidikan dilaksanakan sesuai dengan kondisi. Semangat serta motivasi belajar bagi para peserta didik harus tetap menjadi prioritas.

Dikatakan Bupati Zaenal, pembelajaran jarak jauh melalui siaran radio merupakan salah satu alternatif untuk membantu para siswa dalam menyelesaikan tugas-tugas. Terlebih di saat mengalami keterbatasan jaringan internet. Pembelajaran melalui radio diharapkan dapat dengan mudah dijangkau oleh masyarakat karena tidak bergantung pada kuota internet.

“Di samping itu, dapat mengembangkan kreativitas pendidik dalam pengelolaan pembelajaran jarak jauh,” katanya.

Untuk meningkatkan kompetensi pendidik dalam melaksanakan PJJ, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Magelang memberikan pelatihan selama lima hari. Sebanyak 400 guru PAUD, 600 guru SD dan 700 guru SMP dilatih oleh Microsoft Teams.

Karena itu Bupati Magelang menyampaikan apresiasi Disdikbud yang memiliki inisiasi memakai radio siaran sebagai alternatif media pembelajaran. Utamanya di masa pandemi Covid-19 yang menerapkan pembelajaran jarak jauh. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?
Narwan Sastra Kelana
Leave a Comment

Recent Posts

Memahami Buku dan Minat Baca Anak di Hari Buku Dunia

Siedoo, Mungkin banyak diantara kita yang belum mengetahui bahwa setiap tanggal 23 April telah dicanangkan sebagai hari Buku Sedunia (Internasional).…

7 jam yang lalu

Restu Orang Tua, Antarkan Azzam Jalani Pendidikan di Turki

Siedoo, Berprestasi bukanlah perkara mudah. Butuh stimulus secara berkala agar mau bergerak, jam terbang berpengaruh dan penguatan mental. Selain itu,…

12 jam yang lalu

Perguruan Tinggi Bantu Kemensos Tanggulangi Bencana Alam

SURABAYA - Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Jawa Timur Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng menyatakan jika ITS…

1 hari yang lalu

Pentingnya Asupan Pendidikan Gempa bagi Anak Korban Bencana

MALANG – Anak - anak korban bencana gempa berkumpul di ruang terbuka secara bersama-sama di Desa Wirotaman, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten…

1 hari yang lalu

Media Online, Sarana Tepat untuk Memublikasikan Budaya Lokal Kota Magelang

KOTA MAGELANG, Jawa Tengah memiliki beragam kekayaan budaya lokal. Mulai dari tradisi, kesenian, bangunan bersejarah, sampai yang berupa kerajinan tangan…

2 hari yang lalu

Hasil Survei, Minat Masyarakat terhadap Pendidikan Vokasi Cukup Tinggi

JAKARTA - Dunia pendidikan terus mengalami evolusi seiring dengan tuntutan perkembangan zaman. Saat ini, pendidikan di Indonesia telah diarahkan untuk…

2 hari yang lalu