Categories: DaerahKegiatan

Polsek Windusari Edukasi Masyarakat Taati Protokol Kesehatan

Share

MAGELANG – Kegiatan masyarakat Windusari Kabupaten Magelang Jawa Tengah saat hari pasaran Wage dan Pahing sangat sibuk meski dalam masa pandemi Covid-19. Sehingga banyak pengunjung pasar yang abai terhadap pencegahan paparan virus Corona. Hal ini menjadi keprihatinan dan harus ada tindakan penyadaran terhadap masyarakat untuk selalu memakai masker ketika keluar rumah, terlebih di tempat kerumunan.

Melihat kondisi itu, jajaran polsek Windusari menggelar razia masker di sekitar pasar Windusari yang kebetulan berdampingan dengan Kantor Polsek. Razia dipimpin langsung oleh kapolsek Windusari Iptu Irfan Azyan, S. Sos, M.M., Selasa Wage (15/9/2020).

Iptu Irfan mengatakan pihaknya tetap berupaya menindaklanjuti Inpres No. 6 Tahun 2020. Yaitu tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Dalam Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019.

“Serta melaksanakan Peraturan Bupati Magelang yaitu Perbub No. 38 tahun 2020 tentang penegakan disiplin protokol kesehatan,” jelas Iptu Irfan.

Warga yang akan berkunjung ke pasar dan tidak memakai masker dihentikan, ditegur kemudian diimbau untuk memakai masker. Sebagai efek jera, jajaran menindaknya dengan beberapa hukuman edukatif agar mereka taat protokol kesehatan. Seperti mengucapkan sila-sila dari Pancasila secara urut dan benar, atau menghormat bendera merah putih.

"Ada pula yang kami minta menyebutkan nama-nama Pahlawan Nasional, atau menyanyikan lagu Indonesia Raya. Setelah melakukan hukuman edukatif, mereka kami beri masker secara cuma-cuma dan langsung dipakai,” ujar Kapolsek Irfan.

Kegiatan yang dimulai pukul 07.00 WIB tersebut menurut Irfan akan terus berlanjut guna mengedukasi masyarakat untuk selalu memakai masker ketika aktivitas keluar rumah. Pihaknya juga mengimbau masyarakat dalam adaptasi kebiasaan baru (new normal). Seperti selalu memakai masker, rajin mencuci tangan pakai sabun di air mengalir, memakai hand sanitizer, melakukan disinfektasi secara berkala, jaga jarak, dan menghindari kerumunan.

Irfan menandaskan, razia masker di pasar yang terletak di jalan Lettu Subandi Windusari tersebut akan terus dilanjutkan di waktu mendatang. Demi kebersamaan melawan virus Corona dan penegakan disiplin protokol kesehatan.

“Kami berharap masyarakat sadar dan disiplin protokol kesehatan. Karena melawan virus Corona harus secara bersama-sama dimulai dari masing-masing pribadi dengan penuh kesadaran demi kesehatan diri dan kesehatan bersama,” pungkas Iptu Irfan. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?
Narwan Sastra Kelana
Leave a Comment

Recent Posts

Memahami Buku dan Minat Baca Anak di Hari Buku Dunia

Siedoo, Mungkin banyak diantara kita yang belum mengetahui bahwa setiap tanggal 23 April telah dicanangkan sebagai hari Buku Sedunia (Internasional).…

5 jam yang lalu

Restu Orang Tua, Antarkan Azzam Jalani Pendidikan di Turki

Siedoo, Berprestasi bukanlah perkara mudah. Butuh stimulus secara berkala agar mau bergerak, jam terbang berpengaruh dan penguatan mental. Selain itu,…

10 jam yang lalu

Perguruan Tinggi Bantu Kemensos Tanggulangi Bencana Alam

SURABAYA - Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Jawa Timur Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng menyatakan jika ITS…

1 hari yang lalu

Pentingnya Asupan Pendidikan Gempa bagi Anak Korban Bencana

MALANG – Anak - anak korban bencana gempa berkumpul di ruang terbuka secara bersama-sama di Desa Wirotaman, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten…

1 hari yang lalu

Media Online, Sarana Tepat untuk Memublikasikan Budaya Lokal Kota Magelang

KOTA MAGELANG, Jawa Tengah memiliki beragam kekayaan budaya lokal. Mulai dari tradisi, kesenian, bangunan bersejarah, sampai yang berupa kerajinan tangan…

1 hari yang lalu

Hasil Survei, Minat Masyarakat terhadap Pendidikan Vokasi Cukup Tinggi

JAKARTA - Dunia pendidikan terus mengalami evolusi seiring dengan tuntutan perkembangan zaman. Saat ini, pendidikan di Indonesia telah diarahkan untuk…

2 hari yang lalu