DILATIH. Para guru SD Negeri Potrobangsan 3 sedang mengikuti pelatihan. (foto: ist)
Daerah Kegiatan

Guru SD di Kota Magelang Dilatih Analisis Rasch Model

MAGELANG - Kompetensi guru sekolah dasar (SD) di Kota Magelang, Jawa Tengah dalam bidang evaluasi pembelajaran ditingkatkan. Mereka digembleng dalam kegiatan bertajuk “Analisis Instrumen Tes Berbasis Model Rasch untuk Meningkatkan Mutu Evaluasi Pembelajaran di Sekolah Dasar” pada Agustus 2020 lalu. Guru tersebut berasal dari dua sekolah berbeda. Yaitu, SD Negeri Wates 1 dan SD Negeri Potrobangsan 3.

"Kegiatan tersebut merupakan bagian dari program pengabdian kepada masyarakat dosen Universitas Tidar (Untidar)," kata ketua pelaksana, Muhammad Radian Nur Alamsyah, M.Pd.

Menurut dosen Untidar ini, analisis instrumen tes merupakan langkah penting untuk memperoleh hasil evaluasi pembelajaran yang berkualitas.

"Adapun Rasch model dipilihnya karena memiliki keefektifan yang lebih baik dari model lain dalam melakukan analisis instrumen tes secara simultan," tandas dosen Pendidikan Biologi ini.

Pelatihan tersebut dilaksanakan dalam dua sesi pertemuan. Pada pertemuan pertama para peserta disuguhkan materi tentang teori dasar penyusunan tes. Pertemuan kedua dilatih langsung melakukan praktik analisis tes menggunakan aplikasi komputer berbasis Rasch model.

"Berdasarkan informasi kuesinoer yang telah dibagikan, para guru mengalami peningkatan dalam pemahaman dan keterampilan terkait kompetensi yang menjadi sasaran," ujarnya. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?