Advertorial Kegiatan

SMPIT Ihsanul Fikri Mungkid Gelar Lomba Literasi

MAGELANG - Berbagai jenis kegiatan tangah dilaksanakan oleh SMPIT Ihsanul Fikri demi meramaikan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-75. Walaupun seluruh kegiatan baik lomba-lomba maupun acara lainnya dilaksanakan secara virtual, hal tersebut tidak menjadi penghalang untuk tetap semangat dan menyatukan energi Kemerdekaan. Bukan hanya bagi siswa-siswinya saja, namun juga mengajak seluruh masyarakat untuk turut meramaikannya.

Menyalurkan kreativitas dan hobi juga menjadi highlight bagi SMPIT untuk terus memberi wadah bagi siswa-siswi dan masyarakat melalui beberapa lomba. Salah satunya adalah Lomba Literasi yang bertemakan Pahlawanku. Lomba ini merupakan kompetisi menulis esai/karya tulis /mengarang cerita yang diperuntukkan bagi siswa SD/MI/sederajat dan umum.

Demikian dikatakan Achmad Muttaqin, S.T.P. selaku Waka Bidang Kesiswaan SMPIT Ihsanul Fikri Mungkid. Menurutnya, lomba ini mengasah kepekaan literasi dalam hal kemampuan menulis.

“Kalau orang mau menulis, mau tak mau dia harus membaca. Berbeda kalau hanya membaca saja, dia hanya membaca tidak harus menulis juga. Nah, itulah nilai yang ingin kita tanamkan melalui lomba ini. Tingkatkan kemauan baca dan kemampuan literasi,” terangnya.

Dalam lomba ini, pererta boleh mengirimkan lebih dari satu naskah namun haruslah original dan belum pernah dipublikasikan sebelumnya. Naskah haruslah menggunakan bahasa Indonesia, tidak mengandung unsur SARA dan pornografi, serta harus sesuai tema. Cerita diketik sebanyak 2-5 halaman A4 dengan tata cara menulis yang baik dan benar. Peserta boleh menyertakan gambar pendukung sebagai pelengkap cerita. Hasil karya dikirimkan melalui email: perpusabaif@gmail.com.

Adapun waktu pengumpulan karya tanggal 12-31 Agustus 2020, dan nantinya akan dipilih tiga karya terbaik untuk meraih juara I, II, dan III. Pengumuman pemenang akan dilaksanakan pada 7 September 2020 , di website SMPIT Ihsanul Fikri Mungkid atau akun Instagram resmi SMPIT @smpitihsanulfikri. Pemenang juga akan mendapatkan hadiah menarik yang akan dikirim langsung ke rumah masing-masing.

“Semangat para pejuang literasi, tunjukkan kreativitas dan kemampuan kalian dalam Lomba Literasi ini. Masih ada waktu, jangan buang kesempatan baik kali ini. Siapa tahu, ini merupakan langkah awal untuk membuatmu lebih maju,” ujar Achmad Muttaqin, S.T.P. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?