Kegiatan

Kegiatan Idul Adha di Lingkungan TNI AD

MAGELANG - Kadisbintalad Brigjen TNI Edison, S.E., M.M. memberikan penekanan tentang hari raya Idul Adha 1441 H/2020 M. Hal itu ditujukan kepada seluruh jajaran Kabintal Kotama dan Balakpus di jajaran TNI AD di seluruh wilayah NKRI. Penekanan tersebut disampaikan secara virtual dari Puskodal Mabesad Jakarta Pusat. Untuk Akmil Magelang dilaksanakan di ruang vikom Perhubungan Akmil yang dihadiri oleh Mayor Inf Farkhan Kasi Rohis Bintal Akmil dalam hal ini mewakili Kabintal Akmil.

Kadisbintalad Brigjen TNI Edison, S.E., M.M. memberikan penekanan dari Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa. Disampaikan untuk mendukung program pemerintah dalam menangani Covid 19 dalam pelaksanaan hari raya Idul Adha 1441 H/2020 M di wilayah jajaran masing-masing. Untuk yang zona merah pelaksanaan kegiatan salat Idul Adha dilaksanakan di rumah masing-masing.

“Bagi yang wilayahnya zona hijau Ibadah salat Idul Adha sesuai dengan ketentuan protokol kesehatan,” katanya.

Brigjen Edison lebih lanjut mengatakan ibadah salat Idul Adha yang zona hijau di masjid komplek masing-masing. Dengan jamaah anggota dan keluarga Komplek TNI AD tidak ada masyarakat dari luar, serta disiplin protokol kesehatan. Masjid harus bersih, setiap jamaah harus cuci tangan dengan sabun setiap memasuki tempat ibadah.

“Juga cek suhu oleh petugas dan sudah berwudhu dari rumah. Sudah membawa sajadah dari rumah dan jaga jarak saat salat,” tandasnya.

Sementara itu, Mayor Inf Farkhan Kasi Rohis Bintal Akmil dalam hal ini mewakili Kabintal menyampaikan pelaksanaan kegiatan Idul Adha 1441 H/2020 M di Akmil Magelang. Salat Idul Adha rencana akan dilaksanakan di Masjid Al-Jihad Akmil Magelang. Jamaahnya adalah personel Akmil dan keluarga dan tidak ada jamaah dari masyarakat. Untuk salat Idul Adha akan mematuhi protokol kesehatan. Jamaah yang hadir di cek suhu badan dengan menggunakan thermo gun di pintu pintu masuk, akan di siapkan kran air untuk cuci tangan dengan sabun.

“Nanti yang bertindak sebagai Khatib Kabintal Akmil Letkol Inf Ali Nurrokhim, S.Ag, dan sebagai Imam Mayor Inf Abdul Syukur, S.Ag,” terangnya.

Pelaksanaan kegiatan penyembelihan hewan kurban di halaman masjid At-Taqwa dimulai hari Sabtu (1/8/2020). Kegiatan ini dilaksankan dengan protokol kesehatan, sebelum dan sesudah menyembelih akan diawasi atau ditest tentang kesehatan hewan oleh dokter hewan.

“Kemudian pembagian daging hewan kurban di antar semua ke rumah rumah tidak ada jamaah atau warga yang antri daging kurban. Daging kurban akan didistribusikan sampai habis kepada mustahit, yaitu orang yang berhak menerima,” kata Mayor Inf Farkhan.

Diketahui, sampai saat ini Akmil akan menyembelih hewan kurban 5 sapi dan 13 kambing yang akan di bagikan secara merata. Yaitu di Panca Arga 1, 2 dan 3, dan juga daerah daerah Latihan Plempungan Salaman, Tempuran, dan Kaloran Temanggung. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?