Daerah Kegiatan

Satu Bulan, 242 Kadet Unhan Ikuti Diksarmil di Akmil Magelang

MAGELANG – Sebanyak 242  mahasiswa baru Universitas Pertahanan (Unhan) tiba Akademi Militer (Akmil) Magelang. Para mahasiswa baru Strata Satu (Kadet) di Unhan tersebut akan melaksanakan Pendidikan Dasar Militer (Diksarmil). Mereka diterima oleh Brigjen TNI Windiyatno (Danmentar Akmil) di lapangan Batalyon Remaja Akmil.

Para Kadet hari ini melasanakan pemeriksaan Psikologi oleh Letkol Caj Nugroho Kepala Psikologi Akmil di bantu oleh personel psikologi. Dilaksankan 2 gelombang di kelas B Akmil. Sore nanti, di rencanakan gladi upacara buka Diksarmil di Lapangan Pancasila.

Demikian dikatakan Kepala Penerangan Hubungan Masyarakat Akmil (Kapenhumas) Letkol Arm Kukuh Dwi Antono S.I.P., Selasa (21/7/2020).

Menurut Kukuh, ke-242 Kadet mahasiswa baru Unhan yang berasal dari seluruh daerah di wilayah Indonesia. Di mana mereka merupakan mahasiswa yang baru lolos seleksi dari Fakultas Kedokteran Militer Program Studi (Prodi) Pendidikan Kedokteran, Ilmu Farmasi, Fakultas MIPA Militer Prodi Biologi, Kimia, Fisika, Matematika, serta Fakultas Teknik Militer Prodi Teknik Informatika. Juga dari Teknik Konstruksi Bangunan Militer, Teknik Elektro, dan Teknik Mesin. direncanakan di Akademi Militer ini para Kadet akan mengikuti pendidikan selama satu bulan penuh, mulai 23 Juli hingga 23 Agustus 2020 mendatang.

“Pendidikan Dasar Militer (Diksarmil) merupakan ‘kawah Chandradimuka’ yang harus dilaksanakan oleh setiap mahasiwa Unhan. Guna membentuk karakter dan kepribadian yang unggul, berdisiplin,” katanya.

Kerjasama Unhan dan Akmil dalam mewujudkan kegiatan Diksarmil bertujuan untuk memantapkan pemahaman akan bela negara, menanamkan rasa cinta tanah air. Juga memperkenalkan serta mempersiapkan sikap disiplin dan karakter yang harus dimiliki Kadet Unhan.

“Termasuk pula melatih dasar-dasar kemampuan olah keprajuritan yang dapat diaplikasikan Kadet Unhan,” pungkas Letkol Arm Kukuh Dwi Antono, S.I.P. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?