Advertorial Kegiatan

Sukses, SMK Muhammadiyah 2 Muntilan Laksanakan MPLS Online

MAGELANG – Mengingat masih masa pandemi Covid-19, maka kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMK Muhammadiyah 2 Muntilan Magelang Jawa Tengah dilakukan secara online. Ini merupakan hal baru, sehingga belum maksimal diikuti oleh semua siswa baru. Namun demikian MPLS Online tersebut dibilang sukses.

Dalam MPLS Online, siswa baru Kelas X dapat berinteraksi dengan guru, mengenalkan diri dan mengungkapkan motivasi mereka memilih masuk ke SMK Muhammadiyah 2 Muntilan.

Bahkan mereka dapat mengenal lebih jauh tentang seluk-beluk sekolah dengan program-progam dan kegiatan yang menarik. Program yang mampu mencetak generasi muda menjadi enterprenur handal.

Menurut salah satu pendamping MPLS Online, Novi Setiaji Panuntun, S.Kom menjelaskan, kurang maksimalnya siswa baru mengakses MPLS Online ini utamanya terkendala kemampuan literasi digitalnya. Memang siswa belum terbiasa dengan penggunaan media online ‘berjamaah’, seperti Zoom, Google Meet, atau video conference yang lain.

“Sehingga perlu pembelajaran tentang hal itu. Terlebih untuk siswa kelas 3 SMP/MTs sederajat yang hendak memasuki jenjang pendidikan selanjutnya,” katanya.

Novi menambahkan, dalam MPLS Online ini ditampilkan juga berbagai keunggulan SMK termasuk keunggulan SMK Muhammadiyah 2 Muntilan. Di mana banyak prestasi dan kegiatan yang penting untuk diikuti oleh para siswa baru. Seperti salah satu siswi SMK Muhammadiyah 2 Muntilan, Laurina Nur Safitriana, pelajar yang pandai berbisnis, hingga beromzet ratusan juta rupiah.

“Setelah lulus dari SMK Muhammadiyah 2 Muntilan, mau bekerja siap, mau kuliah oke, kuliah sambil bekerja bisa,” ujarnya.

Salah satu siswi baru Kelas X, Naisanti Zahra Salsabila mengungkapkan motivasinya masuk ke sekolah pencetak enterprenur ini. Dia memilih SMK Muhammadiyah 2 Muntilan karena ingin mengembangkan bakat dan menambah ilmu. Siswi asal MTs Negeri 02 Kepahiang Provinsi Bengkulu yang berminat jurusan kewirausahaan ini menjadi peserta terjauh yang mengikuti kegiatan MPLS Online tersebut.

Sementara Kepala SMK Muhammadiyah 2 Muntilan, Untung Supriyadi, S.Pd.I mengatakan MPLS Online ini memang yang pertama kali dilakukan dan menggunakan platform Zoom. Pelaksanaan MPLS Online sesuai yang direncanakan.

“Alhamdulillah berjalan lancar dan sukses. Semoga melalui MPLS Online ini, para siswa baru dapat mengenal dan beradaptasi dengan lingkungan baru, guru baru, dan dalam kebiasaan baru. Selamat datang di SMK Muhammadiyah 2 Muntilan, SMK Pencetak Pengusaha,” sambut Untung Supriyadi, S.Pd.I. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?