Categories: DaerahKegiatan

SMK Negeri 1 Cikarang Selatan Menilai PPDB Online Lebih Mudah

Share

BEKASI - Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA, SMK, dan SLB Tahun 2020 tahap dua di Jawa Barat (Jabar) telah selesai. Seluruh satuan pendidikan di Jabar telah maksimal melayani masyarakat. Tak terkecuali SMK Negeri 1 Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi.

Kepala Sub-Bagian Tata Usaha sekaligus Panitia PPDB di SMKN 1 Cikarang Selatan, Siti Hunainah mengatakan, secara keseluruhan pelaksanaan PPDB di sekolahnya berjalan lancar. Ini tak terlepas dari persiapan matang yang dilakukan sekolah, mulai dari persiapan, sosialisasi hingga pelaksanaan.

"Penyiapan SDM di sekolah, koordinasi dengan operator SMP serta persiapan sarana sekolah sudah disiapkan dengan baik," ungkapnya, dilansir disdik.jabarprov.go.id, Kamis (2/7/2020).

Siti menjelaskan, pihaknya pun telah menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19. Mulai dari mewajibkan masyarakat di lingkungan sekolah mengenakan masker, menyediakan fasilitas cuci tangan, adanya pengecekan suhu tubuh, dan seluruh panitia yang bertugas menggunakan face shield.

Selain itu, fasilitas pelayanan calon peserta didik dan orang tua pun telah disiapkan dengan baik. Menurutnya, sekolah telah menyiapkan ruang informasi dan pelayanan bagi calon peserta didik yang terkendala fasilitas untuk mendaftar.

"Kita telah siapkan tim yang memang sudah menguasai informasi teknologi. Untuk bagian informasi dan pelayanan sudah kami siapkan bagi calon peserta didik yang mendaftar secara mandiri," tuturnya.

Jika ada aduan atau permasalahan, tambahnya, pihaknya selalu berkoordanasi dengan Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah III. Namun, Siti menegaskan, seluruh aduan dan pertanyaan dari calon peserta didik akan diselesaikan semaksimal mungkin oleh panitia PPDB tingkat sekolah.

"Jika bisa diselesaikan di lapangan, akan kita selesaikan. Sekolah sudah siap dengan permasalahan yang ada," tegasnya.

Menurut Siti, PPDB 2020 yang diselenggarakan secara online berdampak positif. Salah satunya, lebih memudahkan dalam proses pendataan. Namun, Siti menyarankan, persiapan PPDB sebaiknya diberikan waktu lebih lama.

"Karena, dalam menyiapkan sarana dan prasananya lebih banyak melibatkan sumber daya manusia," ungkapnya.

Ia menjelaskan, tahun ini pendaftar di SMK Negeri 1 Cikarang Selatan berjumlah 1.198 peserta didik, meningkat dari tahun sebelumnya. Adapun kompetensi keahlian yang ada di SMK Negeri 1 Cikarang Selatan, yakni teknik komputer jaringan, akuntansi, teknik instalasi tenaga listrik, teknik elektronik industri, dan teknik permesinan. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?
Narwan Sastra Kelana
Leave a Comment

Recent Posts

FKIP Unissula Terjunkan Mahasiswa Magang Daring di 30 Sekolah di Jateng dan Kalimantan

SEMARANG - Program magang di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang diarahkan agar mahasiswa…

38 menit yang lalu

Di Kejuaraan Debat Pelajar Dunia 2020, Siswa Indonesia Raih Prestasi

JAKARTA – Menjelang peringatan Hari Ulang Tahun Ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia, awal bulan Agustus ini prestasi anak bangsa terukir lagi.…

7 jam yang lalu

Fachrul Rozi Ramadhan Juara 1 Kompetisi Imagi Digital Bung Karno

Siedoo, Fachrul Rozi Ramadhan, Mahasiswa Jurusan Seni Rupa Universitas Negeri Medan (Unimed) menorehkan prestasi di tengah pandemi. Dia meraih juara…

8 jam yang lalu

Mahasiswa ITS Rancang Kapal Transporter untuk Mengantarkan Pasien Covid-19

SURABAYA - Inovasi karya untuk membantu penanganan pasien Covid-19 kembali dihasilkan oleh mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Kali ini…

16 jam yang lalu

Lintas Kultural, Isu Global yang Menemukan Momentumnya di Masa Pandemi Covid-19

SEMARANG - Mengutip dari ungkapan indah Nelson Mandela: “No one is born hating another person because of the colour of his…

20 jam yang lalu

Bantu Penanganan Pasien Covid-19, Mahasiswa ITS Konversikan Kapal Perintis Semi Rumah Sakit

SURABAYA - Empat mahasiswa Departemen Teknik Perkapalan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) yang tergabung dalam Tim Doa Ibu berhasil membuat…

21 jam yang lalu