Categories: InternasionalKegiatan

Delegasi Sekolah Cikal Raih Best Delegate di Ajang SimurgMUN 2020

Share

JAKARTA - Thalita Nadira Izza, murid kelas 10 Sekolah Cikal Setu berhasil memperoleh penghargaan sebagai delegasi terbaik (Best Delegate) mewakili Indonesia di ajang SimurgMUN Conference 2020. Kegiatan ini merupakan kompetisi simulasi diplomasi dan negosiasi sidang Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) skala internasional, yang digelar secara virtual pada 12-14 Juni 2020.

Keinginan Izza mencoba kompetisi simulasi sidang PBB dilatarbelakangi oleh pengalaman yang dibagikan oleh kakak kelasnya. Yaitu saat mengisi sesi Cikal Youth Festival bertemakan Model United Nation (MUN).

“Saat saya mendengar pengalamannya, saya termotivasi untuk ikut MUN di tingkat yang lebih tinggi, yakni tingkat internasional,” ucapnya, Selasa (30/6/2020)

Dalam proses pencarian kompetisi MUN, ia akhirnya menemukan media yang tepat yakni melalui komunitas MUN di Turki (Munturkey.com).

Meraih pengalaman sekaligus penghargaan

Izza menyatakan bahwa sebagai seseorang yang baru memulai pengalaman di konferensi MUN Internasional. Dirinya cukup terkejut ketika diumumkan menjadi delegasi terbaik atau setara dengan juara 1 di kompetisi ini.

Penghargaan Best Delegates tersebut berhasil Izza raih setelah melewati beberapa sesi sidang dengan delegasi dari berbagai negara lainnya. Seperti Romania, India, Malaysia, dan United Arab Emirates.

Dalam konteks simulasi model PBB, penghargaan Best Delegates merupakan penghargaan paling kompetitif bagi setiap perwakilan berbagai negara. Diperlukan kesiapan serta kemampuan yang baik dalam melakukan riset, kemampuan public speaking, kemampuan negosiasi yang baik. Serta berpikir kritis untuk mendapatkan solusi yang komprehensif dan tepat, kerjasama dan kepemimpinan.

Izza berhasil menunjukkan bakat berdiplomasi yang luar biasa dengan kompetensi terbaiknya dalam ajang ini. Baginya, berusaha tidak panik dan "go with the flow" adalah dua kunci utama keberhasilannya.

“Di kesempatan ini, saya juga belajar membuat rencana matang mengenai apa yang saya ingin lakukan dan ajukan di dalam sidang. Intinya, berusaha tetap percaya diri dan tidak terganggu dengan rasa grogi,” tutupnya. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?
Narwan Sastra Kelana
Leave a Comment

Recent Posts

Di Kejuaraan Debat Pelajar Dunia 2020, Siswa Indonesia Raih Prestasi

JAKARTA – Menjelang peringatan Hari Ulang Tahun Ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia, awal bulan Agustus ini prestasi anak bangsa terukir lagi.…

6 jam yang lalu

Fachrul Rozi Ramadhan Juara 1 Kompetisi Imagi Digital Bung Karno

Siedoo, Fachrul Rozi Ramadhan, Mahasiswa Jurusan Seni Rupa Universitas Negeri Medan (Unimed) menorehkan prestasi di tengah pandemi. Dia meraih juara…

7 jam yang lalu

Mahasiswa ITS Rancang Kapal Transporter untuk Mengantarkan Pasien Covid-19

SURABAYA - Inovasi karya untuk membantu penanganan pasien Covid-19 kembali dihasilkan oleh mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Kali ini…

15 jam yang lalu

Lintas Kultural, Isu Global yang Menemukan Momentumnya di Masa Pandemi Covid-19

SEMARANG - Mengutip dari ungkapan indah Nelson Mandela: “No one is born hating another person because of the colour of his…

19 jam yang lalu

Bantu Penanganan Pasien Covid-19, Mahasiswa ITS Konversikan Kapal Perintis Semi Rumah Sakit

SURABAYA - Empat mahasiswa Departemen Teknik Perkapalan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) yang tergabung dalam Tim Doa Ibu berhasil membuat…

20 jam yang lalu

Semarak Idul Adha, Rektor UNIMMA Ajak Teladani Nabi Ibrahim

MAGELANG - Masih dalam suasana Idul Adha, Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) tetap menyembelih sapi di masa pandemi ini. Kegiatan kali…

21 jam yang lalu