Daerah

Ribuan Mahasiswa KKN dan Praktik Kependidikan Tahun 2020 Dilepas Menteri Desa PDTT

YOGYAKARTA - Mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan Praktik Kependidikan Tahun 2020 dilepas oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT), Drs. Abdul Halim Iskandar, M.Pd. Pelepasan dilakukan di Auditorium Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sabtu (27/6/2020).

Pelepasan ditandai secara simbolis dengan penyerahan buku dan masker pada 4 orang wakil mahasiswa. Yaitu Niken Mustika Rini dan Dodi Kurniawan perwakilan mahasiswa KKN, serta Awang Nakulanang dan Syifa Al Kautsar perwakilan mahasiswa praktik kependidikan.

Menurut Rektor UNY Prof. Sutrisna Wibawa, kegiatan ini diikuti oleh 4397 mahasiswa yang berada di daerah masing-masing di seluruh Indonesia. Jumlah peserta KKN total sebanyak 3.929 mahasiswa. Dengan rincian dari Jawa Tengah 1.445 mahasiswa, Jawa Timur 267 mahasiswa, Jawa Barat 160 mahasiswa, Lampung 84 mahasiswa dan Sumatra Selatan 71 mahasiswa.

“Yang paling banyak ada di DIY yaitu 1.902 mahasiswa,” kata Sutrisna Wibawa.

Kegiatan KKN dan Praktik Pendidikan ini melibatkan 108 dosen dengan pembimbingan model daring. Para peserta KKN dan Praktik Pendidikan berada di daerah masing-masing baik secara individu maupun kelompok selama satu semester.

Selama melaksanakan kegiatan, para mahasiswa akan langsung mempraktikkan ilmu dan keterampilan yang didapat selama kuliah di kampus. Dengan KKN atau Praktik Pendidikan, para mahasiswa belajar menyelami segala permasalahan di lapangan saat praktik. Melalui para dosen pembimbing, mereka mencari solusi pemecahan masalah yang dihadapi. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?