Daerah Kegiatan

Pertama Kali, Disdikbud Kaltim Gelar Lomba Ceramah Online Tingkat SMA dan SMK

SAMARINDA – Pertama kali Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) menggelar Lomba Ceramah Agama Online Tingkat SMA dan SMK se-Kaltim. Lomba dibuka oleh Wakil Gubernur H. Hadi Mulyadi, M.Si dengan menggunakan aplikasi Zoom Meeting bertempat di Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kaltim Jalan Basuki Rahmat, Samarinda, Senin (15/6/2020).

Kadisdikbud Provinsi Kaltim Anwar Sanusi, M.Pd dalam laporannya menyampaikan

kegiatan tersebut diselenggarakan untuk menjawab tantangan di Era Pandemi Covid-19. Pandemi yang melanda seluruh dunia yang berakibat terbatanya kegiatan rutin yang biasa dilakukan.

“Lomba tingkat Nasional seperti OSN, O2SN, FLS2N dan sejenisnya semua ditunda. Maka dari itu kami Dinas Pendidikan dan Kebudayaan berinisiasi membuat lomba atau seleksi untuk ceramah agama karena berkaitan dengan moral anak sangat penting,” tuturnya.

Dalam seleksi yang telah menyaring 20 peserta terbaik jenjang SMA/SMK se-Kaltim dari 135 peserta. Di mana masing-masing telah mengirimkan video ceramah berdurasi 7 – 10 menit. Semua telah diseleksi oleh juri berasal dari pimpinan Muhammadiyah dan Kemenag Provinsi Kaltim.

Peserta terbaik terdiri dari 10 orang putra dan 10 orang putri yang lolos menuju babak final. Selanjutnya dilakukan penilaian secara langsung oleh tim juri melalui aplikasi Zoom Meeting. Terakhir, juri menentukan juara I , II, dan III setelah pembukaan acara berlangsung.

Wakil Gubernur (Wagub) Provinsi Kaltim, H. Hadi Mulyadi, M.Si menyampaikan apresiasi yang untuk kegiatan lomba yang diadakan. Secara pribadi, Wagub Hadi juga memberikan apresiasi kepada 20 peserta terbaik dengan memberikan hadiah secara pribadi dan pemberian beasiswa.

“Hadiah dari saya ini adalah bentuk dukungan dan rasa bangga saya kepada para peserta yang merupakan bibit unggul kebanggaan Kalimantan Timur. Nantinya jika lulus dari SMA/SMK saya minta kepada Ka Disdikbud untuk diberikan beasiswa,” ujar Hadi.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam 2 tahapan, yaitu babak penyisihan melalui seleksi rekaman video tanggal 25 Mei – 7 Juni 2020. Kemudian tahap final dilaksanakan secara online melalui aplikasi Zoom Meeting pada 15 Juni 2020.

Dilansir dari disdik.kaltimprov.go.id (19/6/2020, Lomba Ceramah Online jenjang SMA/SMK se-Kalimantan Timur Tahun 2020 menghasilkan juara I, II dan III yang mendapatkan uang pembinaan dan sertifikat juara. Adapun tujuan dilaksanakan kegiatan ini dalam rangka pelaksanaan program pengembangan nilai-nilai keagamaan dan penyebaran informasi serta upaya dalam menumbuhkan karakter positif peserta didik.

Adapun Juara Ceramah Online Jenjang SMA/SMK se-Kaltim tahun 2020 kategori putra Juara I diraih Ahmad Zulfiandy (SMA Negeri 4 Berau), Juara II Ambo Tang (SMK TI Labbaika Samarinda). Sedangkan Irvan Wahyudi (SMK Muhammadiyah 1 Balikpapan) meraih Juara III.

Sementara pada kategori putri, Diajeng Azzura Faradiba asal SMA Negeri 1 Muara Jawa, Kutai Kartanegara merebut Juara I, Fidela Anindya SMA Negeri 1 Berau meaih Juara II. Sedangkan Juara III diraih oleh Munawarah siswi SMA Negeri 2 Muara Kaman Kabupaten Kutai Kartanegara. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?