Daerah Teknologi

Optimalkan E-Learning, LP3M Unsyiah Rancang Media Pembelajaran Daring

BANDA ACEH – Dalam masa pandemi Covid-19 ini, pemanfaatan E-Learning perlu ditingkatkan, sehingga perlu inovasi dan pelatihan-pelatihan merancang media perkuliahan daring. Untuk itu, Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Banda Aceh mengadakan pelatihan Rancangan Media untuk Pembelajaran Daring Bagi Dosen secara online via Zoom Meeting, Rabu (17/6/2020).

Dilansir dari unsyiah.ac.id (17/6/2020), Kepala LP3M Unsyiah Prof. Dr. Adlim, M.Sc. mengungkapkan pelatihan ini dilakukan untuk mengoptimalkan pemanfaatan e-Learning Unsyiah di masa pandemi ini.

"Untuk itulah, pelatihan ini menghadirkan narasumber yang ahli di bidang rancangan media pembelajaran daring,” ungkapnya.

Prof. Adlim juga mengungkapkan, pandemi Covid-19 ini mengakibatkan terjadinya perubahan kebijakan secara mendasar dalam dunia pendidikan tanah air. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nadiem Makarim juga telah mengeluarkan beberapa kebijakan untuk mengatur kegiatan pembelajaran selama masa pandemi ini.

Hal tersebut dikeluarkan melalui Surat edaran Nomor 4 Tahun 2020. Yaitu tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19) tertanggal 24 Maret 2020.

“Tepatnya ada 6 (enam) kebijakan yang dipaparkan dengan jelas. Namun, yang paling mendasar ialah kebijakan belajar dari rumah,” ucap Prof. Adlim.

Kegiatan yang dinaungi oleh Pusat Pengembangan Pembelajaran LP3M ini akan berlangsung selama 2 bulan dan ada sebanyak 10 pelatihan yang akan diselenggarakan.

Selama bulan Mei, sudah terlaksana lima pelatihan online via Zoom Meeting, pelatihan video scribe, Rancangan Video Pembelajaran, Optimalisasi Pemanfaatan e-Learning, Optimalisasi Pemanfaatan Google Classroom, dan Handling Online Assessment (Future Ready Education 4.0). (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?