Advertorial Daerah

Wujudkan Visi, SMP Negeri 9 Kota Magelang Maksimalkan Layanan Pendidikan

MAGELANG – Mewujudkan sebuah visi, sebuah lembaga pendidikan tentu harus memiliki strategi dalam misi yang mendukungnya. Seperti SMP Negeri 9 Kota Magelang yang terus berupaya memaksimalkan pelayanan terhadap masyarakat dalam bidang pendidikan. SMP ini memiliki visi Santun, Cerdas, Terampil Berdasarkan Imtaq dan Berwawasan Lingkungan.

SMP Negeri 9 Kota Magelang siap mendidik anak-anak dalam meraih cita-cita menjadi generasi yang santun, cerdas, terampil beriman, bertaqwa serta berwawasan lingkungan, dan berprestasi menurut bakat yang dikembangkannya. Sehingga dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Pelajaran 2020/2021 ini SMP Negeri 9 Kota Magelang siap menerima sejumlah 215 peserta didik baru.

Ketua PPDB SMP Negeri 9 Kota Magelang, Endang Yuli Astuti, S.Pd mengatakan untuk PPDB kali ini dilakukan secara online dengan dua situs pendaftaran. Yaitu melalui website: ppdb.kotamagelang.go.id atau  melalui https://bit.ly/3cPcxjV.

“Kami berharap kuota siswa baru untuk tahun ini dapat tercapai. Sesuai ruang kelas yang kami sediakan, yaitu sebanyak 7 ruang,” katanya.

Selanjutnya dijelaskan, syarat-syarat bagi pendaftar. Yaitu: 1) KK, KTP bagi calon peserta jalur zonasi; 2) Memiliki KIP/KPS/PKH/surat keterangan dari Dinas Sosial bagi calon peserta jalur afirmasi; 3) Memiliki piagam kejuaraan akademik/non akademik dan rata-rata nilai 5 semester terakhir bagi calon peserta jalur prestasi. Selanjutnya, 4) Memiliki surat keterangan mutasi pekerjaan orang tua bagi calon peserta jalur mutasi.

“Syarat selanjutnya, calon siswa berusia maksimal 15 tahun pada bulan Juli 2020, wajib menuliskan NISN, dan memiliki Akta Kelahiran,” jelas Endang Yuli Astuti, S.Pd.

Sementara itu, Kepala SMP Negeri 9 Kota Magelang Dr. Siti Yulaeha, S.Pd, M.Si mengatakan SMP yang dipimpinnya memiliki beberapa kegiatan yang diunggulkan. Seperti olahraga atletik dan permainan, seni karawitan, pencak silat, dan kepramukaan.

“Alhamdulillah siswa-siswi kami tak hanya memiliki prestasi di bidang akademik, namun juga di bidang non-akademik, seperti di bidang olahraga,” katanya.

Seperti sekolah yang lain, SMP yang beralamat di Jalan Cemara Tujuh Nomor 34 Kota Magelang ini memiliki berbagai fasilitas sekolah. Seperti laboraturium IPA, perpustakaan, sarana dan prasarana olahraga, laboratorium komputer, kantin, koperasi, aula, tempat bermain yang luas, musala, serta sanitasi yang sehat.

Selain itu SMP Negeri 9 Kota Magelang mempersiapkan siswa yang beriman dan bertaqwa melalui pembiasaan melafalkan Asmaul Husna bagi siswa beragama Islam. Sementara bagi siswa non muslim dibiasakan dengan kegiatan ibadah pagi. Selain itu diadakan lomba kebersihan antarkelas untuk mewujudkan pengamalan 'kebersihan sebagian dari iman'.

“Dengan 40 tenaga guru, kami berharap bisa melayani masyarakat dan memberikan pelayanan pendidikan dengan semaksimal mungkin, sehingga bisa melaksanakan program wajib belajar 9 tahun,” harap Kepala SMP Negeri 9 Kota Magelang, Dr. Siti Yulaeha, S.Pd, M.Si. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?