Daerah Kegiatan

Siswa SD Dibiasakan Tadarus Alquran Selama Bulan Ramadan

MAGELANG – Bulan Ramadan merupakan bulan suci penuh berkah dan ampunan. Berbagai kegiatan ibadah dengan pahala berlipat ada di dalamnya dan kesempatan itu diraih oleh umat muslim di seluruh dunia. Berbagai kegiatan bulan Ramadan ini pun perlu diajarkan kepada anak-anak, agar menjadi kebiasaan baik dan selalu mereka lakukan terutama sebagai umat muslim.

Seperti dilakukan oleh SD Negeri Wonoroto Windusari Kabupaten Magelang Jawa Tengah. Para siswa kelas 6 di SD ini diwajibkan melaksanakan tadarus atau membaca Alquran selama bulan suci Ramadan. Kegiatan di rumah masing-masing setiap hari dan dilaporkan ke guru melalui video atau foto kegiatan.

Menurut guru kelas 6 SD Negeri Wonoroto, Dirham Modin, S.Pd.SD, kegiatan ini menjadi agenda rutin setiap bulan Ramadan sebagai salah satu pembiasaan anak. Untuk kegiatan tadarus ini anak melaporkan juz yang di baca setiap harinya. Untuk kali ini kegiatan dimulai tanggal 28 April 2020 lalu.

“Laporan itu dimaksudkan agar mereka selalu membaca Alquran setiap hari di rumah selama bulan Ramadan,” ujarnya.

Kepala SD Negeri Wonoroto Muhajir, S.Pd.SD mengatakan kegiatan bulan Ramadan bagi siswa SD menjadi program rutin Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Magelang. Kegiatan tersebut wajib dilaksanakan bagi siswa muslim. Kegiatan diampu oleh guru PAI atau guru kelas masing-masing sekolah.

“Kegiatan ini menitikberatkan pada pembiasaan dan penanaman keimanan siswa melalui ibadah di bulan Ramadan. Minimal siswa rajin membaca Alquran dipantau orang tua dan guru,” katanya.

Muhajir menambahkan, di SD Negeri Wonoroto memang diutamakan bagi siswa kelas tinggi utamanya kelas 6. Karena mereka kebanyakan sudah sampai tingkat membaca Alquran dalam kegiatan mengaji di rumahnya, baik di rumah, musala, masjid, atau di TPA.

“Kegiatan ini juga dilakukan di seluruh SD di wilayah Windusari dan kami laporkan ke Disdikbud melalui Korwil Kecamatan Windusari,” tambahnya. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?