Advertorial Kegiatan

Peduli Warga Sekitar Sekolah, Alumni SMK Negeri 1 Kota Magelang Gelar ‘Cawang Berbagi’

MAGELANG – Merebaknya pandemi Covid-19 memang membuat masyarakat dunia prihatin. Dampaknya luar biasa terutama terhadap perekonomian, termasuk di Indonesia. Bahkan dampak wabah mematikan itu juga menimpa warga sekitar SMK Negeri 1 Kota Magelang. Di mana pembatasan keluar rumah memaksa mereka jarang bekerja atau bekerja dari rumah.

Hal itu tentu berakibat terganggunya mereka dalam memenuhi kebutuhan hidup. Keadaan ini menggugah kepedulian berbagai pihak. Termasuk para alumni SMK Negeri 1 Kota Magelang, sehingga mereka menggelar kegiatan yang disebut ‘Cawang Berbagi’.

Ketua kegiatan, Nanda Yunia Pratiwi menjelaskan, nama kegiatan ini mengambil nama jalan atau dusun di mana sekolah itu berlokasi. Yaitu di Jalan Cawang No. 2, Jurangombo, Magelang Selatan, Jurangombo Selatan, Kecamatan Magelang Selatan, Kota Magelang, Jawa Tengah.

“Maka kami sebut dengan ‘Cawang Berbagi’ saja agar mudah diingat,” katanya di sela kegiatan, Jumat (15/5/2020).

350 Paket Sembako

Warga sekitar sekolah terdampak Covid-19 mendapat bantuan paket sembako, dari alumni SMK Negeri 1 Kota Magelang. (foto: Awang)

Alumnus tahun 2018 itu mengungkapkan kegiatan tersebut bertujuan mewujudkan sikap berbagi para alumni. Terutama kepada warga di sekitar sekolah tempat mereka pernah menuntut ilmu. Di mana saat ini banyak yang terdampak dari wabah Covid-19.

“Ada warga yang dirumahkan atau di-PHK, tidak berpenghasilan, atau penghasilannya menurun drastis seperti driver ojek online, dan juga para alumni yang terdampak wabah,” ungkap Nanda.

Menurut Nanda, kepedulian para alumni melalui ‘Cawang Berbagi’ diwujudkan dengan pembagian 350 paket sembako kepada warga yang disebutkan di atas. Paket sembako dengan total senilai lebih dari 23,4 juta rupiah itu berupa paket beras, minyak goreng, gula pasir, teh, dan mie instan.

“Alhamdulillah paket dapat kami bagikan tepat sasaran, sejak pukul 08.30 tadi hingga selesai,” ujarnya.

Berkelanjutan

Kegiatan tersebut memang baru pertama diadakan. Nanda berharap kegiatan berkelanjutan ke depannya meskipun dalam kondisi normal.

“Maksudnya, berbagi kepada sesama tidak harus menunggu ada musibah atau pandemi,” tandasnya.

Sementara itu Kepala SMK Negeri 1 Kota Magelang, Drs. Nisanti, M.T. mengapresiasi kegiatan para alumni. Pihaknya juga berharap kegiatan ini menjadi teladan bagi para alumni selanjutnya. Terus dilakukan di waktu-waktu mendatang meskipun wujud kepedulian dalam bentuk lain dan dalam kondisi yang lain pula.

“Sehingga berkelanjutan, tidak hanya kali ini saja,” ujarnya.

Nisandi juga berharap semakin banyak alumni, semakin baanyak yang peduli dan semakin banyak pula yang terbantu. Di berharap SMK Negeri 1 Kota Magelang menjadi SMK teladan dalam kualitas lulusan.

“Baik dalam bidang keilmuan dan keterampilan, juga dalam bidang keluhuran budi para siswa dan alumni,” harapnya. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?